Kamis, 31 Juli 2014

News / Nasional

Din Syamsuddin Sambut Baik Anggito Abimanyu

Rabu, 27 Juni 2012 | 19:38 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin menyambut baik pengangkatan Anggito Abimanyu sebagai Dirjen Haji dan Umroh. Menurutnya, Anggito mampu mengelola pelaksanaan Haji dan Umroh karena dia merupakan ekonom yang paham mengenai keuangan.

"Saya sangat mendukung pak Anggito diangkat Jadi dirjen haji. Menurut pandangan saya, seorang dirjen yang memiliki pemahaman atas keuangan adalah hal penting," ujar Din Syamsuddin, di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/06/2012).

Menurut pengamatannya, persoalan pelaksanaan haji ada indikasi kuat yang menjurus pada penyelewengan. Besarnya dana dan pengelolaan haji, menurutnya, tidak transparan.

Hal itu bisa dilacak pada calon jamaah haji yang sedang dalam daftar tunggu selama bertahun-tahun. Persoalan tersebut hingga sekarang, menurutnya, menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Anggito yang merupakan ahli keuangan.

"Dirjen haji itu harus menguasai keuangan. Hal itu penting karena amanat umat dalam haji dan umroh jangan sekali-kali disalahgunakan," imbuhnya.

Seperti yang telah diberitakan, Anggito Abimanyu ditunjuk oleh Kemenag sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Penunjukkan ekonom dari Universitas Gajah Mada itu sudah sesuai prosedur. Penunjukkan Anggito sebagai Dirjen PHU sempat mengejutkan berbagai kalangan, karena dia bukan dari kalangan internal Kemenag.


Penulis: Aditya Revianur
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo