Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 23 Maret Hari Memperingati Apa?

Kompas.com - 23/03/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com - Tanggal 23 Maret 2023 jatuh pada hari Kamis. Setiap tanggal 23 Maret untuk tahun 2023 ini diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia.

Selain itu, tanggal 23 Maret juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2023:

Hari Meteorologi Sedunia

Setiap tanggal 23 Maret diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia. Tanggal 23 Maret dipilih karena bertepatan dengan hari lahirnya World Meteorological Organization (WMO) pada tahun 1950.

WMO merupakan sebuah organisasi internasional yang mengumpulkan data dari seluruh dunia untuk membantu memahami cuaca dan dampaknya terhadap kehidupan. 

Di Indonesia, badan sejenis tersebut yakni Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Tanpa data yang dikumpulkan oleh badan meteorologi maka tidak mungkin mendapatkan prakiraan cuaca harian yang akurat.

Hari Anak Anjing

Ternyata anak anjing juga memiliki hari perayaan di Amerika Serikat. Hari tersebut dinamakan National Puppy Day. 

National Puppy Day didirikan pada tahun 2006. Wajahnya yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan membuat banyak orang jatuh cinta dengan anak anjing. 

National Puppy Day bisa dirayakan dengan memberi makan anak anjing baik itu anjing peliharaan maupun liar. Serta bisa dengan mengadopsi anak anjing untuk dipelihara dengan baik. 

Baca juga: Tanggal 11 Maret Hari Memperingati Apa?

Near Miss Day

Near Miss Day merupakan hari untuk mengingatkan bahwa bumi pernah melewati ancaman terjadinya kiamat kecil.

Melansir National Today, kala itu tahun 1989 terdapat asteroid dengan diameter 0,431 kilometer, sebanding dengan ukuran lapangan sepak bola yang dinamakan Asclepius.

Asclepius melewati Bumi dengan jarak hampir 500.000 mil. Namun, para ilmuwan baru menemukan ini setelah sembilan hari. Oleh karena itu banyak ahli geofisika percaya bahwa Asclepius dengan Bumi akan  tabrakan dan menimbulkan ledakan bom atom 600 megaton.

Namun untungnya hari itu tidak terjadi. Oleh karena itu tujuan ditetapkannya Near Miss Day untuk mengingatkan bahwa Bumi pernah lolos dari kiamat. Near Miss Day juga mengingatkan kita bahwa asteroid dan meteor dapat menyebabkan kepunahan Bumi dan umat manusia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com