Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Belum Umumkan Capres, Hasto Sebut Partainya Tidak Cari Pemimpin yang Pencitraan dan Tak Berprestasi

Kompas.com - 26/02/2023, 12:18 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa partainya tak mencari sosok pemimpin atau calon presiden (capres) yang sekadar pencitraan dan tak berprestasi.

Oleh sebab itu, PDI-P harus melakukan persiapan matang sebelum mengumumkan capres yang diusung untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Yang kami cari adalah pemimpin yang digembleng lahir dan batin, yang rekam jejaknya baik, dan itu lahir dari PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam keterangannya, Minggu (26/2/2023).

Baca juga: Soal Anies Antitesis Jokowi, PKS: Jangan Dengerin, Hasto PDI-P Senang Gangguin Kita

Hasto menyampaikan hal itu ketika menghadiri acara "Mlaku Bareng" di Alun-alun Ponorogo, yang digelar DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Timur, Minggu pagi.

Hasto juga menjelaskan, PDI-P memiliki mekanisme bahwa pengumuman dan pertimbangan menentukan capres ada di tangan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Megawati, kata Hasto, akan mengumumkan capres di momen yang tepat.

Dia yakin, capres yang diumumkan nanti adalah hasil kontemplasi Megawati.

Baca juga: Ketika Parpol Pengusung Anies Say Goodbye kepada PDI-P...

Selain itu, berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga disebut ikut berdiskusi dengan Megawati terkait pencapresan.

"Kami percaya untuk calon presiden di partai, diajarkan ada rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa, nanti akan ada juga sinyal dan Ibu Megawati, beliau sosok yang sebelum mau tidur, beliau melakukan doa, memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, berkontemplasi," ujar Hasto.

"Lalu, Ibu Mega berdialog dengan Pak Jokowi untuk melihat bagaimana problematika bangsa, bagaimana kepemimpinan ke depan, bagaimana tanggung jawabnya. Setelah semuanya dipersiapkan, pada momentum yang tepat, Ibu Megawati akan mengumumkan," lanjut dia.

Baca juga: Respons AHY soal PDI-P yang Tutup Pintu dengan Koalisi Perubahan

Oleh karena itu, semua pihak, termasuk kader PDI-P, diminta bersabar menunggu Megawati mengumumkan capres.

Hasto menyatakan, semua langkah tersebut harus dilakukan oleh PDI-P karena beratnya tanggung jawab seorang pemimpin.

Hasto menekankan, partainya akan mendorong kader sendiri untuk menjadi capres di Pilpres mendatang.

"Kenapa kader partai? Sebab partai memiliki tujuan dalam berorganisasi," imbuh dia.

“Karena tujuan kami berpartai untuk mendorong kader-kader partai ditempatkan pada jabatan penting dan strategis setelah dipersiapkan dengan sekolah partai dan penugasan kader-kader partai,” lanjut Hasto.

Baca juga: Klaim Tak Pernah Biaya Usung Capres sebagai Utang, Nasdem: PDI-P Sudah Merasakan

Lebih jauh, Hasto juga menghormati sikap partai lain yang sudah menentukan capres 2024. Ia menganggap hal tersebut sebagai perbedaan PDI-P dengan partai lain.

“Dan perbedaan itu hal yang biasa dalam demokrasi, tak perlu dipertentangkan. Biar rakyat yang menjadi hakim. Biar rakyat yang menentukan pilihannya, siapa pemimpin terbaik yang akan melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi," kata Hasto.

"Bagi PDI Perjuangan, sejak Bung Karno, Bu Mega, Pak Jokowi, dan the next president itu adalah satu kesatuan komitmen bagi masa depan Indonesia Raya kita," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com