Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redup di HUT Partai, Ganjar Dinilai Kian Terpinggirkan di Internal PDI-P

Kompas.com - 12/01/2023, 10:40 WIB
Achmad Nasrudin Yahya

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Ganjar Pranowo seolah terpinggirkan ketika Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidatonya dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Jakarta International Expo, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Saat menyampaikan pidato sekitar satu setengah jam, Ketua Umum PDI-P melewati sosok Ganjar. Ia tak menyebut satu kali pun nama Gubernur Jawa Tengah itu.

Baca juga: Ironi Ganjar di HUT PDI-P: Diteriaki Kader Presiden, oleh Megawati Diingat Pun Tidak

Megawati hanya menyinggung sejumlah nama pejabat eksekutif dan beberapa kader PDI-P, tanpa sedikit pun menyebut sosok Ganjar yang turut menyaksikan langsung pidatonya.

Sikap cuek Megawati dianggap sebagai sinyal bahwa Ganjar semakin terpinggirkan di internal PDI-P, sekalipun ia mempunyai elektabilitas tinggi dalam urusan calon presiden (capres).

Tak disinggung

Ketika menyampaikan pidatonya, mulanya Megawati menyinggung nama Soekarno yang tak lain adalah ayahnya sendiri.

Dalam hal ini, Megawati membeberkan sang ayah ketika mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang merupakan cikal bakal Partai Demokrasi Indonesia (PDI), nama terdahulu PDI-P.

Baca juga: Redupnya Sinar Ganjar di HUT PDI-P, Tak Dihiraukan Megawati hingga Duduk Berimpitan dengan Kader Lain

Megawati juga sempat menyebut nama Presiden Joko Widodo. Bahkan, ia sempat berkelakar bahwa nasib Jokowi akan berbeda dengan saat ini jika tidak ada PDI-P.

"Pak Jokowi itu kayak gitu lho, mentang-mentang. Lah iya, padahal Pak Jokowi kalau enggak ada PDI Perjuangan juga, aduh, kasihan dah," ucap Mega disambut gelak tawa tamu yang hadir.

Nama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga sempat disebut Megawati.

Megawati mengaku, dirinya yang meminta Jokowi untuk memilih Ma'ruf Amin mendampinginya sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2019.

Baca juga: Megawati Singgung soal Pemimpin Perempuan, Kode Dukungan buat Puan Jadi Capres?

Bersamaan dengan itu, Megawati juga meminta Jokowi menunjuk Mahfud MD sebagai Menko Polhukam di kabinet periode kedua pemerintahan Jokowi.

Megawati juga sempat memperkenalkan dua cucunya yang tak lain merupakan anak dari Ketua DPP PDI-P Puan Maharani.

Beberapa nama kader PDI-P juga sempat disinggung di pidato Mega, seperti Sekjen Hasto Kristiyanto, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, Mensos Tri Rismaharini, dan mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Bahkan, Megawati sempat menyinggung Tasdi, mantan Bupati Purbalingga yang dipecat PDI-P karena terjerat kasus korupsi pada medio 2018 lalu. Mega sampai menitikkan air mata ketika mengingat Tasdi.

Setelah itu, Megawati tetap tak menyinggung nama Ganjar dalam pidatonya.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com