Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta kembali menyelenggarakan lomba fotografi dengan total hadiah Rp 105 juta.

Pada gelaran kali ketiga ini, BP Jamsostek mengambil tema “Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja”.

Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek Oni Marbun mengatakan, lomba tersebut telah menjadi agenda tahunan yang masuk dalam rangkaian HUT BPJAMSOSTEK sejak 2019.

“Kami mengucapkan terima kasih atas animo peserta yang terus meningkat. Lomba ini merupakan bentuk apresiasi bagi para jurnalis maupun pegiat fotografi yang senantiasa bersemangat memberikan edukasi terkait pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui karya-karyanya,” terang Oni dalam siaran pers, Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak via Online dengan KTP

Dari tema utama tersebut, BPJAMSOSTEK menurunkannya ke dalam dua sub tema yang dapat dipilih peserta, yaitu "Perlindungan Jaminan Sosial Bagi Seluruh Pekerja" dan "Kerja Keras".

Kedua sub tema tersebut masih selaras dengan kampanye Kerja Keras Bebas Cemas yang telah diluncurkan BP Jamsostek pada akhir Oktober 2022.

Registrasi lomba telah dibuka pada 10-30 November 2022.

Seperti tahun sebelumnya, kategori lomba terbagi menjadi tiga, yaitu kategori pewarta foto yang dikhususkan bagi jurnalis foto, serta kategori umum dan kategori handphone yang dapat diikuti khalayak luas.

Peserta lomba dapat mengirimkan 10 karya foto terbaiknya dengan ketentuan umum, di antaranya foto merupakan hasil karya sendiri dan diambil selama periode November 2021 hingga November 2022.

Khusus untuk kategori pewarta foto, karya yang diikutsertakan dalam lomba wajib terbit di media masing-masing.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Semntara itu, untuk kategori umum dan handphone, karya foto harus diunggah di Instagram pribadi dan wajib follow dan mention akun Instagram @bpjs.ketenagakerjaan dan @pfijakarta serta menuliskan tagar #kerjakerasbebascemas pada caption foto.

Tim Dewan juri yang terdiri dari Mast Irham dari Pewarta Foto European Pressphoto Agency, Hendra Eka yang merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PFI, dan Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo.

Ketiganya akan menilai seluruh karya yang diikutsertakan dalam lomba tersebut untuk dipilih 45 karya foto terbaik yang terdiri dari tiga juara dari masing-masing kategori dan 35 pameris.

“Ayo tunggu apa lagi, untuk rekan-rekan pewarta foto dan masyarakat umum segera kirimkan karya terbaiknya untuk mendapatkan kesempatan menjadi juara dan membawa pulang hadiah ratusan juta,” ujar Oni.

Dia juga mengimbau seluruh peserta untuk berhati-hati terhadap tindak penipuan. Sebab, perlombaan ini sama sekali tidak memungut biaya.

Baca juga: Polri Dukung BPJS Ketenagakerjaan Tindak Perusahaan yang Tak Patuhi Aturan

“Untuk informasi yang lebih lengkap dapat menghubungi humas BP Jamsostek atau sekretariat PFI Jakarta,” jelas Oni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.