Kompas.com - 24/09/2022, 00:00 WIB
|


KOMPAS.com - Tanggal 26 September 2022 jatuh pada hari Senin. Pada hari ini terdapat peringatan Hari Statistik Nasional.

Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 26 September 2022.

Baca juga: Hari Nasional dan Internasional Bulan September 2022

Hari Statistik Nasional

Hari Statistik Nasional yang diperingati tanggal 26 September setiap tahunnya menjadi bagian penting dari perjalanan sejarah statistik di Indonesia.

Penetapan Hari Statistik Nasional dilakukan oleh Presiden Soeharto pada Agustus 1996.

Tanggal ini merupakan tanggal terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai pengganti Statistiek Ordonnantie 1934, yaitu pada tanggal 26 September 1960.

Adanya hari ini bertujuan untuk menandai terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1960 sebagai titik awal perjalanan BPS dalam mengisi kemerdekaan di bidang statistik yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial.

Hari Internasional untuk Penghapusan Total Senjata Nuklir

Hari Internasional untuk Penghapusan Total Senjata Nuklir jatuh pada tanggal 26 September setiap tahun.

Hari ini dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Desember 2013 dan telah diperingati sejak saat itu.

Adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat internasional akan pentingnya pengendalian energi nuklir serta penghapusan senjata nuklir dan senjata utama lainnya yang dapat digunakan untuk pemusnah massal.

Baca juga: Rusia: Dialog 5 Negara Pemilik Senjata Nuklir Harus Diintensifkan

Hari Kontrasepsi Sedunia

Hari Kontrasepsi Sedunia diperingati secara global setiap tanggal 26 September.

Di Indonesia, hari ini diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada.

Setelah menikah, perencanaan keluarga adalah hal penting yang harus dipersiapkan secara matang.

Perencanaan keluarga yang matang dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi pasangan suami istri, serta memaksimalkan kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.