Kompas.com - 27/05/2022, 15:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenangan tentang sikap kesederhanaan dan membantu sesama Ahmad Syafii Maarif atau kerap disapa Buya Syafii bakal terus membekas di benak keluarga, kolega, hingga mereka yang pernah dibantu.

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah meninggal pada Jumat (27/5/2022), dalam usia 86 tahun.

Buya mengembuskan napas terakhir pada pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit Pembinaan Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadiyah, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut catatan pemberitaan Kompas.com, 31 Mei 2020, seorang kolega Buya Syafii, Erik Tauvani, berbagi kisah tentang kesederhanaan sang tokoh bangsa.

Menurut Erik, Buya Syafii yang lahir pada 31 Mei 1935 di Sumpur Kudus, Sumatera Barat, tak pernah merayakan ulang tahun.

"Di rumah tidak ada acara, kan baru wabah Covid ini. Ohh enggak, Buya tidak pernah merayakan ulang tahunya," ujar Erik.

Baca juga: Ketum Golkar Kenang Buya Syafii Sosok Panutan, Bukan Hanya Negarawan

Erik menuturkan Buya selalu mendengar segala keluh kesah orang lain. Bahkan, Buya merupakan pendengar yang baik.

"Buya itu sangat murah hati, dan yang jelas pendengar yang baik. Tidak langsung bicara, tetapi mendengarkan, mendengarkan terus baru kalau sudah, Buya baru berbicara," ujarnya.

Buya Syafii Maarif juga mengapresiasi anak muda yang mempunyai semangat untuk studi. Sampai-sampai, Buya banyak membantu anak-anak muda yang ingin kuliah di luar negeri.

"Sudah banyak, ratusan apa puluhan, jadi mereka kuliah ke luar negeri atas tanda tangan rekomendasi Buya. Yang dibantu soal keuangan juga ada, bahkan sampai ada yang sampai kuliah di Prancis S2, itu berangkat atas bantuan Buya juga, walaupun tidak seberapa ya," urainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.