Kompas.com - 23/05/2022, 06:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kerap dibantah secara langsung maupun tidak, nuansa persaingan politik internal di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) antara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani terasa kentara.

Aroma persaingan antara Ganjar dan Puan semakin terasa menyongsong pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan presiden-wakil presiden 2024 mendatang.

Menurut hasil survei Indo Riset, sosok Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi bakal kandidat paling populer. Namun, ternyata Ganjar dinilai lebih disukai oleh responden.

"Popularitas Prabowo Subianto mencapai 97,4 persen dan kesukaan mencapai 80,8 persen. Popularitas Ganjar Pranowo 70,3 persen dan kesukaan mencapai 90,7 persen," ujar Direktur Indo Riset Roki Arbi dalam jumpa pers virtual, Kamis (19/5/2022) lalu.

Baca juga: Survei Indo Riset: Prabowo Paling Populer, tapi Ganjar Lebih Disukai Rakyat

Survei ini dilakukan pada 11-17 April 2022. Mayoritas responden bekerja sebagai petani. Dalam survei Indo Riset ini, jumlah sampel survei mencapai 1.100 sampel.

Dalam proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.096. Margin of error survei ini sebesar kurang lebih 2,96 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Wawancara dilakukan dengan tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur.

Terkait survei mengenai popularitas dan kesukaan terhadap tokoh, Indo Riset melontarkan pertanyaan kepada responden berupa: 'Apakah bapak/ibu pernah mendengar (melihat/mengetahui) nama-nama tokoh di bawah ini? Dan bila mendengar, apakah bapak/ibu suka dengan tokoh tersebut?'.

Ada empat tokoh yang memiliki tingkat popularitas di atas 70 persen. Mereka adalah Menhan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Meski yang paling populer adalah Prabowo, namun yang paling disukai adalah Ganjar dengan 90,7 persen, Sandiaga Uno dengan 84,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 83,2 persen, dan Anies dengan 81,2 persen.

Baca juga: Survei: Prabowo, Anies, Ganjar Bersaing Ketat, Pilpres 2024 Diprediksi Dua Putaran

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.