Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 211.809 Pemudik Belum Berangkat pada H-3 Lebaran, Kapolri Sebut Ada Perubahan Skema "One Way"

Kompas.com - 29/04/2022, 18:12 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan bahwa masih ada sekitar 211.809 pemudik yang masih belum melakukan perjalanan mudik.

Ia menambahkan, empat hari sebelum sebelum Lebaran, sudah ada sekitar 84.000 pemudik yang sudah melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama). Angka ini diperoleh berdasarkan data dari Jasa Marga.

"Tadi kita lihat masih ada prediksi kemungkinan sekitar 211.809 pemudik yang saat ini terlihat kecenderungannya akan mudik," ujar Sigit kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Tinjau Mudik di Stasiun Pasar Senen, Mahfud: Persiapannya Teratur, Terukur, Terjamin

Dengan melihat angka tersebut, Sigit mengatakan, pihaknya melakukan rekayasa ulang terhadap skema one way di jalan Tol Cikampek.

Sigit mengatakan, awalnya skema one way di Tol Cikampek berakhir pada pukul 00.00 WIB. Namun, jadwal itu kemungkinan bakal diperpanjang.

“Jadi kebijakan akan kita buat sampai jam 07.00 atau jam 08.00, kemudian dari (arah) timur ke barat akan dinormalkan mulai dari jam 08.00 sampai jam 16.00,” kata dia.

Sigit mengatakan, jalur arteri masih bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang akan mudik dari wilayah timur ke arah barat.

Baca juga: Mohammad Idris Sebut 1 Juta Warganya Meninggalkan Depok pada Mudik Lebaran 2022

“Nanti akan secara detail akan disampaikan Kakorlantas sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pemudik dapat menyesuaikan dengan waktu-waktu yang nantinya akan dijalankan,” kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com