Kompas.com - 13/04/2022, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Buruh mengaku telah memenuhi ambang batas minimal kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten guna memenuhi syarat verifikasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh partai politik calon peserta pemilu serentak 2024.

Dua di antaranya adalah partai politik harus memiliki kepengurusan di seluruh provinsi dan minimum 75 persen kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan.

"Untuk kepengurusan provinsi kami alhamdullilah sudah mencapai 100 persen, sesuai syarat dari KPU," kata Sekretaris Jenderal Partai Buruh Ferri Nuzarli dalam jumpa pers, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Partai Buruh Akui Masih Punya PR untuk Kejar Verifikasi KPU

Ia mengeklaim, di tingkat kota/kabupaten, Partai Buruh malah telah berhasil melampaui target minimum KPU.

"Kepengurusan tingkat kabupaten/kota alhamdulillah kami sudah melampaui target KPU, mencapai 90 persen," kata dia.

KPU juga menetapkan bahwa partai calon peserta pemilu 2024 harus telah berbadan hukum.

Syarat ini juga baru saja dipenuhi oleh Partai Buruh melalui surat keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang disebut telah diterima pada Senin (11/4/2022).

Melalui SK nomor SK M.HH-04.AH.11.03 Tahun 2022, partai besutan Said Iqbal cs itu resmi terdaftar sebagai partai politik di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Meski demikian, Partai Buruh disebut masih punya pekerjaan rumah guna memenuhi sejumlah syarat KPU, di antaranya melengkapi kepengurusan di 50 persen kecamatan yang saat ini baru tercapai 36 persen.

Baca juga: Sah Terdaftar di Kemenkumham, Partai Buruh Targetkan Ikut Pemilu 2024

Namun, Said yakin bahwa syarat-syarat KPU dapat dipenuhi seluruhnya sebelum pendaftaran pada 1 Agustus 2022.

"Pertama, partai buruh menyatakan sudah siap untuk mengikuti tahapan pemilu legislatif," ungkap Said dalam kesempatan yang sama.

Ia menargetkan, Partai Buruh bisa lolos ambang batas parlemen.

"Artinya, partai buruh akan ada wakil-wakil di DPR RI, DPRD tingkat provinsi, dan DPRD tingkat kabupaten dan kota," ujar pria yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI) itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.