Menteri Agama Berencana Undang Syeikh Al-Azhar dan Paus Fransiskus ke Indonesia

Kompas.com - 09/03/2022, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan rencananya untuk menghadirkan dua tokoh agama dunia, yaitu Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb dan Pimpinan Geraja Katolik di Vatikan Paus Fransiskus.

Hal itu ia ungkapkan saat memberikan pembinaan pada ASN Kementerian Agama di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

“Selain Paus Fransikus, saya bersama tim tengah berusaha mengundang Grand Syekh Al-Azhar untuk bisa hadir ke Indonesia,” ujar Yaqut seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Kedatangan Grand Syeikh Al-Azhar

Yaqut mengatakan, Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al Tayeb dan Paus Fransiskus adalah dua tokoh penting yang terus mengupayakan perdamaian dunia.

Pada 2019 lalu, keduanya baru saja mendeklarasikan Piagam Persaudaran Manusia untuk Perdamaian Hidup Berdampingan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Salah satu poin pokok deklarasi ini, kata Yaqut, adalah mengajak umat manusia untuk hidup bersama dalam semangat persaudaraan, dan menjadikan agama sebagai inspirasi.

“Saya ingin mengundang dua tokoh mulia ini hadir ke Indonesia untuk menyaksikan bahwa apa yang pernah dideklarasikan di Abu Dhabi itu sudah lama dilaksanakan di Indonesia, bahkan mungkin sejak Indonesia ini belum berdiri,” jelas Yaqut.

Baca juga: Paus Fransiskus Ingin ke Indonesia, Jokowi Kirim Undangan Resmi

Ia pun meminta dukungan agar kesempatan menghadirkan dua tokoh dunia ini bisa segera datang.

“Ini tentu akan menjadi kebahagiaan buat kita semua, dua tokoh agama besar di dunia bisa bertemu di Indonesia yang dikenal memiliki keragaman, baik keragamaan agama, budaya, suku, etnis, dan lain sebagainya,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.