Kompas.com - 20/01/2022, 16:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan, ada dua kecelakaan kapal berpenumpang warga negara Indonesia (WNI) yang terjadi secara beruntun di perairan Johor, Malaysia dalam dua hari terakhir.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Judha Nugraha mengatakan, kecelakaan pertama terjadi pada 18 Januari 2022 pukul 10.00 waktu setempat. Judha mengatakan, kapal tersebut membawa 13 penumpang yang diduga WNI. Dari 13 orang itu, tujuh di antaranya selamat.

"(Kapal tersebut) menabrak batu besar, membawa 13 penumpang diduga WNI, tujuh orang ditemukan selamat, lima perempuan dan dua laki-laki, dan enam orang meninggal dunia, seluruhnya perempuan," kata Judha dalam jumpa pers secara virtual, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Polri: 11 Jenazah Kecelakaan Kapal di Malaysia Teridentifikasi, 6 di antaranya Dipulangkan

Judha menjelaskan, berdasarkan hasil identifikasi, WNI yang berada di kapal tersebut berasal dari Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Kepulauan Riau.

Kapal itu diduga berangkat dari Pulau Terong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

MalayMail melaporkan, Direktur Maritim Johor Laksamana Nurul Hizam Zakaria menjelaskan bahwa Pusat Keselamatan Maritim Johor Baru (MRSC) menerima laporan soal penyelamatan enam individu dilakukan oleh nelayan setempat.

Kecelakaan kedua terjadi pada Kamis ini, di perairan Pengerang, Kota Tinggi, Johor Baru.

Judha mengatakan, berdasarkan informasi awal, terdapat 27 orang yang diduga WNI berada di kapal tersebut. Sebanyak 19 orang dinyatakan selamat. Lima orang tewas dan jenazahnya telah ditemukan. Sementara satu orang lain masih hilang.

"Upaya yang dilakukan KJRI Johor Baru (adalah) mendatangi lokasi kejadian perkara, dan tim WNI sudah ada di sana, melakukan koordinasi dengan otoritas setempat dan KJRI akan membantu proses identifikasi jenazah, pemulasaran, dan repatriasi sesuai dengan permintaah keluarga," ujar Judha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.