Kompas.com - 19/11/2021, 09:46 WIB
Foto Biro Pers, Media, dan Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaFoto Biro Pers, Media, dan Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021).

Presiden bertolak dari Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 08.00 WIB.

Dalam peninjauan tersebut, sejumlah duta besar (dubes) negara sahabat ikut serta. Para dubes turut bergabung sejak dari Istana Bogor.

Sebelum berangkat, Presiden menyempatkan berbincang bersama para dubes di teras Istana. Setidaknya ada lima dubes yang hadir.

Baca juga: Green Economy hingga Pembangunan 7 Lokasi Pembibitan di Indonesia, Ini Pesan Jokowi Saat Tinjau Pusat Sumber Benih Rumpin Bogor

Mereka yakni Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim.

Ada pula Duta Besar Kanada untuk Indonesia Cameron MacKay, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkonen.

Di Persemaian Modern Rumpin, Presiden dan para dubes akan meninjau sejumlah fasilitas seperti area rumah perkecambahan, area rumah produksi, hingga kolam air dan sedimen.

Usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid At-Taqwa, Komplek Balai Diklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Presiden direncanakan kembali ke Istana Bogor.

Turut mendampingi Presiden dalam agenda peninjauan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Baca juga: Desember-Februari, Waktu Terbaik Berburu Durian Borongan di Rumpin

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pembangunan dan pengembangan pusat-pusat pembibitan.

Jokowi ingin pusat pembibitan tidak hanya mengatasi bencana ekologis, tetapi juga memberi manfaat secara ekonomi kepada masyarakat.

Di Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin Bogor Jokowi menargetkan belasan juta bibit bisa diproduksi di lokasi tersebut. Bibit-bibit itu akan disebar di berbagai tempat yang sering mengalami banjir, longsor dan bencana lainnya.

"Kita harapkan nanti tahun depan 2021 sudah selesai dan sudah berproduksi. Kita harapkan di sini akan bisa diproduksi kurang lebih 16 juta bibit," kata Jokowi saat meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Jumat (27/11/2020)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.