Kebijakan Saat Jadi Wali Kota Berhasil Pengaruhi Kesehatan Masyarakat, Mensos Risma Dapat Penghargaan dari APACPH

Kompas.com - 30/10/2021, 10:47 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendapat penghargaan Excellence in Leadership Medallion dari Asia-Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) dalam forum 52nd APACPH Conference 2021.

Penghargaan diberikan kepada Risma dalam kapasitasnya sebagai wali Kota Surabaya periode 2011-2020 atas kebijakan yang secara signifikan memengaruhi kesehatan masyarakat.

"APACPH Excellence in Leadership Medallion merupakan apresiasi kepada tokoh dan pemimpin yang berperan, selalu berkarya, dan mengabdikan diri dalam bidang kesehatan masyarakat," kata Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Santi Martini melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/10/2031).

Baca juga: Ibaratkan Bansos seperti Balsam, Menko PMK: Tangani Kemiskinan Ekstrem Tak Cukup dengan Bansos

Konferensi internasional ini diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga di Shangri-La Hotel Surabaya secara daring dan luring pada 27–28 Oktober 2021.

Adapun anggota APACPH terdiri dari kurang lebih 100 universitas di seluruh daerah Asia Pasifik yang memfokuskan diri untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarakat melalui pelatihan akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Santi mengatakan, selama Risma menjadi wali Kota Surabaya, program-programnya dalam bidang kesehatan lingkungan serta pencegahan dan penanganan Covid-19 tidak hanya berhasil dalam cegah tangkal pandemi, tetapi juga berhasil membangkitkan ekonomi masyarakat melalui usaha kecil menengah (UKM), upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM), dan koperasi wanita.

Baca juga: Menko PMK Sebut Ada 2.148 Kejadian Bencana Sepanjang 2021

Di antara intervensi program kesehatan masyarakatnya yakni pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan masker di Kelurahan Kalirungkut RW 006 RT 014.

Kemudian, pemberdayaan masyarakat pembuatan sabun cair di Kelurahan Kalirungkut RW 003, RW 005, RW 006, RW 007, RW 008, RW 014, RW 015 sebanyak 712 botol per 250 mililiter.

Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya juga memberdayakan masyarakat dalam pembuatan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) di Kelurahan Kalirungkut RW 007 dan disinfeksi di tempat-tempat umum dan fasilitas publik.

"Berbagai upaya untuk mencegah dan menangani Covid-19 itu ternyata diperhatikan oleh Hakli dan berhasil meraih penghargaan," ujar dia.

Santi juga menegaskan, upaya Pemerintah Kota Surabaya dalam penguatan kesehatan masyarakat sejalan dengan visi APACPH sehingga Risma bisa penghargaan internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.