Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menggelontorkan sejumlah bantuan untuk pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka menghadapi dampak pandemi virus corona.

Salah satu bantuan disalurkan melalui program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) yang tahun ini nilainya mencapai Rp 60 miliar. Angka itu naik hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“(BIP) tahun ini anggarannya juga ditingkatkan menjadi Rp 60 miliar. Ini berarti meningkat hampir 3 kali lipat dibanding tahun 2020 yang anggarannya Rp 24 miliar,” kata kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui keterangan tertulis sebagaimana dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Sandiaga: Indonesia Ingin Beri Sinyal Dunia Bisa Hadapi Pandemi, Pariwisata Segera Dibuka

Airlangga mengatakan, sasaran penerima BIP meliputi tujuh subsektor ekonomi kreatif yakni aplikasi, game developer, kriya, fesyen, kuliner, film, dan pariwisata.

Selain bantuan tersebut, tahun ini pemerintah melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,67 triliun untuk mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional sekaligus pelatihan SDM pariwisata.

Pada 2020 lalu, pemerintah juga memberikan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun kepada pemerintah daerah (pemda) guna menekan dampak ekonomi akibat pandemi.

Tahun ini, jumlah dana hibah ditingkatkan menjadi Rp 3,7 triliun yang ditujukan untuk membantu pemda serta industri, hotel, dan restoran yang mengalami penurunan pendapatan asli daerah (PAD) serta gangguan finansial akibat pandemi.

“Hibah ini mekanismenya ditransfer ke daerah yang ditujukan kepada pemerintah daerah dan usaha pariwisata di 101 kabupaten/kota berdasarkan berbagai kriteria yang telah ditetapkan,” tutur Airlangga.

Kriteria penerima dana hibah yang dimaksud yakni ibu kota dari 34 provinsi yang berada di 10 destinasi pariwisata prioritas dan 5 destinasi superprioritas.

Juga daerah yang termasuk 100 calendar of event, destinasi branding, serta daerah dengan pendapatan pajak hotel dan pajak restoran minimal 15 persen dari total PAD tahun anggaran 2019.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Bali, Bintan, dan Batam Jadi Pilot Project Pembukaan Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19

Adapun dukungan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif direalisasikan melalui berbagai program seperti Bangga Berwisata di Indonesia, Bangga Buatan Indonesia, dan Indonesia Care/I Do Care di sektor perhotelan dan pariwisata.

Dukungan juga diberikan pada kegiatan perfilman, Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP), hingga dukungan akomodasi hotel untuk para tenaga kesehatan.

“Dengan adanya program-program dukungan pemerintah tersebut industri pariwisata diharapkan bisa meningkatkan standar pelayanannya agar mendapatkan kepercayaan dari wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” kata Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.