Kompas.com - 17/08/2021, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka telah selesai digelar pada Kamis (17/8/2021).

Sama seperti tahun lalu, upacara kemedekaan tahun ini digelar secara terbatas karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Para tamu undangan yang hadir secara fisik di Istana Negara juga terbatas, sementara para tamu lainnya mengikuti upacara kemerdekaan secara virtual.

Baca juga: Hadiri Upacara HUT Ke-76 RI Secara Virtual, Mahfud MD Pakai Baju Adat Bugis

Dari rangkaian acara upacara kemerdekaan yang diselenggarakan di Istana, Kompas.com merangkum sejumlah hal yang menarik. Apa saja?

Jokowi kenakan pakaian adat Lampung

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket.ANTARA FOTO/SETPRES/HANDOUT Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Lampung dalam upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta.

Berbeda dengan Jokowi, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama Istri Wury Estu Handayani mengenakan pakaian adat asal Sukabumi, Jawa Barat.

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani yang turut hadir dalam upacara Kemerdekaan juga mengenakan pakaian tradisional Bundo Kanduang, asal Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.