Kompas.com - 21/07/2021, 05:41 WIB
Dua narapidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan pada Senin (19/7/2021). Dokumentasi KemenkumhamDua narapidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan pada Senin (19/7/2021).
Penulis Irfan Kamil
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak dua narapidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan pada Senin (19/7/2021).

Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan mengatakan, dua narapidana tersebut dipindahkan guna mengikuti pembinaan lanjutan.

Hal itu, sesuai dengan surat dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Nomor: W.10.PK.01.01.02-519 tanggal 19 Juli 2021.

Baca juga: Napi hingga Pegawai Lapas Salemba Jalani Vaksinasi Covid-19

“Dua narapidana kasus narkoba yang telah dipindahkan yaitu AA dan RG,” kata Tonny dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (20/7/2021).

Adapun pemindahan tersebut agar para narapidana yang merupakan bandar narkoba mencegah untuk tetap menjalankan aksi dari balik jeruji besi. Mereka kini di penjara dengan keamanan super maksimal atau super maximum security di Nusakambangan.   

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum proses pemindahan, Tonny menyebut, petugas lapas dibantu pihak kepolisian terlebih dahulu menggeledah kedua narapidana untuk memastikan mereka bebas dari barang terlarang.

Ia mengatakan, pemindahan kedua narapidana tersebut dikawal ketat empat anggota Polsek Jatinegara dan empat petugas Lapas Kelas I Cipinang.

“Proses pemindahan kedua narapidana tersebut berjalan lancar dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ucap Tonny.

Baca juga: Nasib Asep, Penjual Kopi yang Dipenjara gara-gara Langgar PPKM, Dimasukkan Satu Sel dengan Napi Lain hingga Rambut Dipelontos...

Dengan pemindahan dua narapidana ini, kini terdapat 671 narapidana kategori bandar narkoba yang telah dipindahkan ke Nusakambangan.

Sebagai bentuk komitmen perang melawan narkoba, sepanjang 2020 hingga Mei 2021 Lembaga Pemasyarakatan juga telah berhasil menggagalkan 286 penyelundupan narkoba.

Penyelundupan yang berhasil digagalkan itu dilakukan dengan berbagai modus untuk masuk ke dalam Lapas dan rumah tahanan (Rutan).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.