Darurat Corona dan Solidaritas Warga

Kompas.com - 30/06/2021, 10:19 WIB
Pemkot Kediri, Jawa Timur membagikan sembako kepada warga RT 03 RW 04 Kelurahan Setonopande yang tengah menjalani isolasi mandiri. Dok.Pemkot KediriPemkot Kediri, Jawa Timur membagikan sembako kepada warga RT 03 RW 04 Kelurahan Setonopande yang tengah menjalani isolasi mandiri.

DUA tahun sudah virus corona menyapa Indonesia. Sejak terdeteksi awal Maret tahun lalu, sudah jutaan orang terienfeksi virus asal Wuhan, China ini. Sebagian di antaranya tak bisa bertahan dan dikebumikan.

Libur lebaran menyisakan ketakutan dan duka mendalam. Virus corona terus menyebar dan menular dengan liar. Pandemi makin tak terkendali.

Kasus orang yang terpapar dan terinfeksi virus ini makin hari jumlahnya makin tinggi. Satgas Covid menyebut, dari Januari hingga Juni 2021 terjadi kenaikan kasus mencapai lebih dari 300 persen.

Semua sepakat, Indonesia sedang mengalami gelombang kedua (second wave) Covid-19. Hal ini ditandai dengan melonjaknya kasus Covid-19 secara mingguan di Indonesia yang telah mencapai puncak. Bahkan, kenaikannya lebih tinggi dari puncak kasus yang terjadi pada Januari 2021.

Menurut catatan Satgas Covid-19, pada puncak yang pertama di Januari 2021, jumlah kasus mingguan Covid-19 mencapai 89.902 kasus.

Pekan ini, angkanya jauh lebih tinggi, yaitu mencapai 125.396 kasus. Selain itu, pada pekan lalu, Indonesia mencatatkan angka kasus positif harian yang sangat tinggi, yakni 21.345 kasus dalam sehari.

Ini merupakan rekor tertinggi penambahan kasus baru Covid-19 dalam sehari sejak pandemi menyerang negeri ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbagi di tengah pandemi

Corona tak melulu mengabarkan duka dan nestapa. Pandemi tak membuat semua orang surut dan kecil hati. Sebaliknya, bencana ini justru membuat sebagian masyarakat tergugah hati untuk berbagi. Mereka menggalang bantuan dan beragam gerakan sosial.

Meski pemerintah pusat dan daerah sudah berusaha membantu, namun kita melihat banyak warga bahu-membahu membantu sesama. Mereka bergerak cepat mengulurkan tangan dan memberikan bantuan, baik dalam bentuk uang maupun barang. Juga berbagi informasi dan alat kesehatan.

Sejak pandemi terjadi, berbagai inisiatif dan aksi sosial dari civil society muncul ke permukaan. Awalnya ada yang berbagi makanan kepada para pelaku ekonomi pinggir jalan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.