Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain KRI Nanggala, Ini 2 Kapal TNI AL yang Tenggelam

Kompas.com - 26/04/2021, 05:00 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden KRI Nanggala-402 menambah daftar tenggelamnya kapal milik TNI AL.

Diberitakan sebelumnya, KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga telah menyatakan bahwa seluruh kru kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.

Ia menyampaikan, telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

Baca juga: KRI Nanggala-402, Tipe Kapal Selam Non-Nuklir Terlaris Buatan Jerman

Ia melanjutkan, berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.

Adapun dikutip dari laman Kompas TV, kecelakaan yang melibatkan kapal TNI AL bukan kali ini saja terjadi. Namun, ada 2 kecelakaan lainnya yang juga melibatkan kapal TNI di tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2020 lalu, kapa KRI Teluk Jakarta-541 tenggelam di perairan arah timur laut Pulau Kangean, Jawa Timur.

Pada Selasa, 14 Juli 2020, KRI Teluk Jakarta-541 yang berusia 41 tahun dilaporkan tenggelam di perairan Masalembo sekitaran Jawa Timur pada pukul 09.00 WIB.

Kapal yang digunakan sebagai armada pendarat pasukan TNI AL itu tenggelam akibat kebocoran yang terjadi saat hantaman gelombang laut cukup tinggi.

Baca juga: KSAL: Jenazah Awak Kapal KRI Nanggala-402 Akan Dievakuasi ke Surabaya

 

KRI Teluk Jakarta-541 tenggelam saat melaksanakan operasi dukungan laut untuk pergeseran logistik ke wilayah timur.

Sebanyak 54 anak buah kapal KRI Teluk Jakarta-541 kemudian diselamatkan awak KM Tanto Sejahtera yang sedang berlayar di sekitar lokasi tenggelamnya KRI Teluk Jakarta-541. Adapun satu ABK lain ditolong oleh awak KM Dobonsolo milik PT Pelni.

Selain itu, pada 2018, KRI Rencong-622 terbakar dan tenggelam di perairan Sorong, Papua Barat, tepatnya pada Selasa, 11 September 2018.

Musibah ini terjadi pada saat KRI Rencong-622 bergerak dari laut menuju dermaga umum Sorong untuk melaksanakan bekal ulang air tawar di Pelabuhan Sorong.

Baca juga: KSAL: KRI Nanggala-402 Layak Layar dan Sempat Latihan

Seluruh personel di KRI Rencong-622 yang selamat telah dievakuasi ke Pangkalan Armada III TNI AL di Sorong. Beberapa peralatan penting di dalam kapal juga berhasil diselamatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com