Menkes: Vaksinasi Covid-19 Turun Selama Ramadhan, Jadi 200.000-300.000 Suntikan

Kompas.com - 18/04/2021, 14:58 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa kapasitas vaksinasi Covid-19 di Indonesia turun selama Ramadhan.

Sebelum bulan puasa, vaksinasi mampu mencapai 500.000 suntikan per hari. Kini, jumlahnya turun di angka 200.000-300.000 suntikan.

"Kecepatan (vaksinasi) sudah 500.000 per hari, puasa ini agak turun 200.000-300.000," kata Budi dalam sebuah diskusi daring yang ditayangkan YouTube PB Ikatan Dokter Indonesia, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Menkes Minta Lansia Jadi Piroritas Vaksinasi Covid-19 Sebulan ke Depan

Budi mengatakan, berkurangnya kapasitas vaksinasi di Tanah Air disebabkan gangguan suplai vaksin akibat embargo atau pembatasan pengiriman vaksin dari India.

Adapun kebijakan embargo ditempuh Pemerintah India karena terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Semula, dengan kerja sama yang dijalin Indonesia bersama sejumlah negara, pemerintah berasumsi akan mendapat 15 juta dosis vaksin per bulan selama Maret hingga April 2021.

Namun, dengan adanya gangguan suplai, Budi menyebut jumlah vaksin yang diterima Indonesia selama April berkisar di angka 8-10 juta dosis.

Oleh karena itu, pemerintah menurunkan kecepatan vaksinasi selama Ramadhan ini.

"Kita mesti mengurangi laju penyuntikan kita agar tidak ada hari yang bolong," ujar Budi.

Baca juga: Antrean Vaksinasi Lansia di Bogor Membludak, Bima Arya Kecewa dengan Halodoc

Kendati demikian, Budi memastikan, setelah Ramadhan jumlah vaksin yang diterima pemerintah akan kembali naik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X