KSAD Pantau Laporan Pengadaan Lab PCR di RS TNI AD

Kompas.com - 08/07/2020, 18:24 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers soal Enzo Zenz Allie di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariKepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers soal Enzo Zenz Allie di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Rabu (8/7/2020), memantau langsung laporan pengadaan laboratorium polymerase chain reaction ( PCR) di 15 Rumah Sakit TNI AD.

Diketahui, total ada 68 rumah sakit TNI AD se-Indonesia yang akan menjadi laboratorium pemeriksaan PCR.

"Pengadaan laboratorium PCR di 68 Rumah Sakit TNI AD serta kerja sama penelitian obat dengan Rumah Sakit Unair demi penanganan Covid-19 yang semakin bertambah angka positifnya saat ini," kata Andika sebagaimana dikutip Antara.

Baca juga: Prajurit TNI AD Gugur di Kongo, KSAD Tunggu Kronologi Peristiwa

Kepala Pusat Zeni TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Mohammad Munib mengatakan, laporan dibuat secara mendetail pada masing-masing rumah sakit yang menjadi prioritas utama.

"Laporan secara mendetail dilakukan Kodam pada tiap-tiap wilayah mengikuti arahan yang diberikan oleh KSAD," kata Munib.

Selain melakukan pemantauan, KSAD sekaligus menjalin kerja sama terkait penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Unair terkait obat Covid-19.

Baca juga: Upacara Peristirahatan Terakhir Pramono Edhie, Mantan KSAD yang Melegenda di TNI AD

Ketua Pusat Penelitian RS Unair Dr. Purwati mengatakan, riset tersebut merupakan perluasan penelitian dari obat-obatan Covid-19 yang sudah beredar.

"Kami melakukan riset yang diujikan ke virus dan dilanjutkan ke Multi Center Clinic studi pengembangan obat untuk dilakukan perluasan indikasi dari obat-obat yang sudah ada," kata dia.

Segala upaya yang dilakukan TNI AD, baik dalam pengadaan alat kesehatan tenaga medis hingga kerja sama dengan Rumah Sakit lain, adalah demi menekan penyebaran virus Covid-19.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X