Menlu: 734 WNI Terpapar Covid-19 di 33 Negara

Kompas.com - 11/05/2020, 20:21 WIB
Petugas wanita menyemprotkan desinfektan di sebuah pasar, yang ditutup saat pengendalian pergerakan untuk menghambat penularan virus corona (COVID-19), di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/hp/djo ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey TengPetugas wanita menyemprotkan desinfektan di sebuah pasar, yang ditutup saat pengendalian pergerakan untuk menghambat penularan virus corona (COVID-19), di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/hp/djo

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, hingga Minggu (10/5/2020), tercatat 734 kasus WNI yang terpapar Covid-19 di luar negeri.

"Hingga 10 Mei 2020, terdapat 734 kasus WNI yang terpapar Covid-19," kata Retno dalam konferensi pers di BNPB, Senin (11/5/2020).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 321 orang di antaranya masih dalam perawatan, 372 orang sembuh, dan 41 meninggal dunia.

Baca juga: BNPB: Indonesia Sudah Terapkan Intervensi Tingkat Tinggi Demi Cegah Covid-19

Jumlah tersebut tersebar di 33 negara dan teritori serta di 20 kapal pesiar.

Antara lain di Singapura, Spanyol, Rusia, China Taipei, Turki, Vatikan, Perancis, Belanda, Australia, Arab Saudi, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.

Retno mengatakan, seluruh perwakilan RI di luar negeri terus melakukan koordinasi dengan otoritas negara atau teritori setempat.

Baca juga: Sambil Menunggu Vaksin Covid-19, Indonesia Diminta Tingkatkan Diplomasi

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan para WNI tersebut mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

"Itu dilakukan guna memastikan semua WNI terpapar dapat pelayanan kesehatan yang layak sesuai situasi dan peraturan setempat," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X