Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Covid-19, Faktor Psikologis Penting untuk Jaga Imun Tubuh

Kompas.com - 29/04/2020, 14:21 WIB
Deti Mega Purnamasari,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan bahwa faktor psikologis sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Kuatnya imunitas tubuh dapat menghindari masyarakat dari paparan virus corona yang menyebabkan Covid-19.

"Faktor psikologis sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh masyarakat," kata Doni dalam peluncuran Layanan Psikologi Sehat Jiwa (Sejiwa) melalui video konferensi di Kantor Staf Presiden (KSP), Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Gugus Tugas Apresiasi Masyarakat yang Sebar Berita Baik soal Covid-19

Ia mengatakan, strategi Gugus Tugas dalam penanganan Covid-19 adalah menjaga keseimbangan antara faktor medis dan psikologis.

Oleh karena itu, ia pun selalu mengajak masyarakat untuk menjaga stamina, mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur, gembira dan tidak panik.

"Istilahnya, perut kenyang hati senang, pikiran tenang. Karena mereka yang panik, depresi, ketakutan, was-was akan mengalami penurunan imunitas tubuh dan dengan mudah terpapar Covid-19," kata dia.

Baca juga: Ketua Gugus Tugas Covid-19: Tidak Lockdown adalah Pilihan Terbaik

Gugus Tugas pun mendukung aplikasi Sejiwa yang berguna untuk memperkuat psikologis masyarakat terdampak Covid-19 agar pikiran mereka tetap tenang.

Langkah tersebut dinilainya sebagai salah satu langkah strategis pemerintah melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com