Dukacita SBY untuk Ibunda Jokowi: Selamat Jalan Ibu Noto, Semoga Tenang di Sisi Allah SWT

Kompas.com - 26/03/2020, 12:54 WIB
[ARSIP FOTO] Ibunda Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo mengikuti peluncuran buku anaknya yang berjudul Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar di Jakarta, Jumat (14/9/2012). Ibu Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di Solo pada Rabu, 25 Maret 2020 pukul 16:45 WIB. ANTARA FOTO/DHONI SETIAWAN[ARSIP FOTO] Ibunda Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo mengikuti peluncuran buku anaknya yang berjudul Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar di Jakarta, Jumat (14/9/2012). Ibu Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di Solo pada Rabu, 25 Maret 2020 pukul 16:45 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyampaikan dukacita atas wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo.

Ia mendoakan Ibu Noto, sapaan Sujiatmi Notomiharjo, mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Selamat jalan Ibu Noto, semoga ibu hidup tenang di sisi Allah SWT," kata SBY dalam keterangan yang disampaikan lewat sebuah video, Kamis (26/3/2020).

SBY lalu mengenang sosok Ibu Noto saat bertemu dengan dirinya dan almarhumah sang istri, Ani Yudhoyono, di sebuah acara di Solo, Jawa Tengah, lima tahun silam.

Baca juga: Berikut Ini Dua Wasiat Ibunda Jokowi Sebelum Wafat

Ia mengatakan, sempat berbincang dengan Ibu Noto mengenai situasi bangsa saat itu.

"Kami sempat berbincang-bincang dengan baik dan membicarakan tentang masa depan bangsa dan negara kita," ujarnya.

"Saya ingat, saya dan istri juga mendoakan Ibu Noto dan mendoakan Presiden Jokowi agar senantiasa sukses dalam mengemban tugas-tugas negara," imbuh SBY.

SBY pun mendoakan Jokowi dan keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan menghadapi kepergian Ibu Noto.

Baca juga: Luhut Kenang Kesederhanaan Ibunda Jokowi

Ia mengapresiasi langkah Jokowi yang meminta agar pemakaman Ibu Noto tidak dihadiri banyak orang.

Memang, Jokowi meminta doa untuk almarhumah sang ibunda dikirimkan dari mana saja. Ia bahkan meminta para menteri tetap berada di Jakarta.

"Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah bahwa kita semua perlu mencegah berkumpulnya masyarakat dalam jumlah yang besar. Ini sesuai dengan semangat besar kita untuk mencegah penyebaran virus corona," tuturnya.

Baca juga: Berjalan Kaki, Jokowi Sambangi Rumah Duka Ibunda

"Saya pribadi menilai ini adalah langkah dan pemikiran yang baik, yang bijaksana dan perlu kita beri apresiasi yang tinggi," kata SBY.

Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB.

Ibu Sujiatmi meninggal dunia pada usia 77 tahun di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. Jenazah rencananya dimakamkan pukul 13.00 WIB hari ini, di Solo, Jawa Tengah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X