Ketua RW 03 Cipinang Melayu: Banjir Kali Ini Paling Besar dan Dua Kali

Kompas.com - 25/02/2020, 15:42 WIB
Banjir di RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). KOMPAS.com/DANI PRABOWOBanjir di RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua RW 03 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Muchtar mengatakan, banjir yang terjadi kali ini di wilayahnya merupakan banjir yang terbesar dalam kurun tujuh tahun terakhir.

Saat ini, ketinggian air bervariasi antara 50 sentimeter hingga yang paling dalam mencapai tiga meter. Bahkan, di beberapa titik banjir sudah mencapai lantai dua rumah warga.

"Ini yang paling besar dan dua kali sama yang awal tahun," kata Muchtar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: Banjir di Cipinang Melayu, Warga: Hujan Reda Bukannya Surut Malah Tambah Parah

Hujan deras yang melanda wilayah DKI Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam, telah mengakibatkan sejumlah kawasan terendam banjir. Termasuk di wilayah Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Menurut Muchtar, sebelumnya banjir pernah melanda wilayah ini pada tahun 2013, 2014, 2015 dan 2017. Namun, ketinggian air saat itu hanya sekitar 2 meter.

"Kalau sekarang tiga meteran," ujarnya.

Baca juga: Selasa Pagi, Dua RW di Cipinang Melayu Terendam Banjir 1,5 Meter

Meski demikian, ia mengatakan, warga lebih dapat mengantisipasi banjir kali ini.

Sebab sistem peringatan dini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang bunyi melalui toa yang dipasang di wilayah ini telah memperingatkan warga.

"Ada tiga kali bunyi jam 02.00, 03.00 dan terakhir 04.00 WIB. Dikasih tahu kalau (Kali Sunter) sudah siaga tiga jadi warga mulai mengungsi," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X