Jemput WNI dari Wuhan, Presiden Jokowi: Ini adalah Misi Mulia

Kompas.com - 02/02/2020, 10:52 WIB
245 WNI yang baru saja tiba di Bandara Hang Nadim setelah dipulangkan dari Wuhan, China sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan kesehatan dan observasi oleh tim medis gabungan. Pantauan Kompas.com dari lantai II Gedung Bandara Hang Nadim, terlihat pemeriksaan masih terus berjalan. KOMPAS.COM/HADI MAULANA245 WNI yang baru saja tiba di Bandara Hang Nadim setelah dipulangkan dari Wuhan, China sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan kesehatan dan observasi oleh tim medis gabungan. Pantauan Kompas.com dari lantai II Gedung Bandara Hang Nadim, terlihat pemeriksaan masih terus berjalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, penjemputan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, merupakan misi mulia.

Penjemputan itu dilakukan usai virus corona mewabah di kota tersebut.

"Misi penjemputan ini adalah misi yang sangat mulia, yang akan dijalankan dengan penuh kedisiplinan," ungkap Jokowi melalui akun Instagramnya, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (2/2/2020).

 

Baca juga: WNI dari Wuhan Sampai di Indonesia, Ini Tahapan Evakuasi sampai Isolasi

Presiden mengatakan, tim dari Tanah Air menjemput warga negara Indonesia di Provinsi Hubei di beberapa lokasi.

Seperti di kota Enshi yang jaraknya adalah 542 kilometer, Jingzhou, Huangshi, Xianning, dan dari lima lokasi di Wuhan.

"Jumlah WNI kita yang akan kembali dengan tim penjemput adalah 250 orang, terdiri dari 245 warga dan lima tim pendahulu yang ke sana untuk mempersiapkan protokol kesehatan. Alhamdulillah, saudara-saudara kita tetap sehat dan mereka senang akan kembali ke tanah air," katanya.

Baca juga: Istana: Seluruh WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Dinyatakan Sehat

Jokowi mengatakan, para WNI tersebut diperiksa kesehatannya sebelum kembali Tanah Air.

Kemudian, setelah sampai di Indonesia, seluruh WNI tersebut juga akan dicek kesehatannya.

"Begitu pun setiba di Indonesia, mereka akan menjalani proses sesuai protokol kesehatan, sebelum mereka kembali ke keluarga," ujarnya.

Rombongan WNI tersebut telah tiba di Indonesia, Minggu (2/2/2020) hari ini. Maskapai tersebut tiba tepat pada pukul 08.30 WIB dan mendarat dengan aman di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau.

Baca juga: 5 Kisah Mahasiswa Indonesia Keluar dari China, Pulang Sebelum Karantina hingga 3 Kali Ditolak Booking Tiket

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X