[POPULER NASIONAL] Tanggapan Menhan yang Tak Tegas Soal Natuna | Ancaman Jokowi untuk Dubes

Kompas.com - 10/01/2020, 08:49 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama wakilnya Sakti Wahyu Trenggono di Istana, Kamis (9/1/2020). KOMPAS.com/IhsanuddinMenteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama wakilnya Sakti Wahyu Trenggono di Istana, Kamis (9/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar terkait sikap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang tak tegas dalam menghadapi persoalan kedaulatan negara di Natuna, paling banyak dibaca oleh pembaca Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Selain kabar tersebut, juga ada berita soal ancaman Presiden Joko Widodo terhadap para duta besar Indonesia di negara sahabat, jika tak mampu bekerja dengan baik.

Berikut berita selengkapnya:

1. Tanggapan Prabowo soal ketegasan kasus Natuna

Prabowo mengaku tak mempersoalkan kritik masyarakat yang menganggapnya tak tegas terhadap persoalan kedaulatan Indonesia di Natuna.

"Enggak apa-apa (dianggap lembek). Silahkan saja bicara kita kan negara demokrasi orang boleh bicara apa saja," kata Prabowo usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Dikritik Tak Tegas soal Natuna, Ini Respons Prabowo

Prabowo sebelumnya dianggap tak tegas karena meminta semua pihak menyikapi penerobosan kapal China di perairan Natuna dengan tenang.

Kritikan pun datang. Namun, Prabowo tetap tak berubah sikap. Ia justru meminta agar seluruh pihak tidak memperkeruh suasana.

Sebab, Prabowo menjelaskan bahwa yang dimasuki oleh kapal China merupakan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia, bukan wilayah teritorial.

"Jadi kalau wilayah teritorial itu kedaulatan, itu 12 mil (dari lepas pantai). Lebih dari dari itu adalah ZEE dan kapal mana pun boleh masuk keluar," kata Prabowo.

Hanya saja, Prabowo menegaskan tak boleh ada kapal yang menangkap ikan di wilayah ZEE Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X