Wapres China Berencana Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 20/09/2019, 12:00 WIB
Wakil Presiden China Wang Qishan menyampaikan pidato kunci (keynote) di Forum Bloomberg New Economy Forum yang digelar di Hotel Capella, Singapura, Selasa (6/11/2018) Justin Chin/BloombergWakil Presiden China Wang Qishan menyampaikan pidato kunci (keynote) di Forum Bloomberg New Economy Forum yang digelar di Hotel Capella, Singapura, Selasa (6/11/2018)

BOGOR, KOMPAS.com - Wakil Presiden China Wang Qishan memastikan akan hadir pada pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024 di Gedung Parlemen, 20 Oktober 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan delegasi China saat pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jumat (20/9/2019).

"Tadi (delegasi) juga menyampaikan bahwa akan ada Wakil Presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan Bapak Presiden pada 20 Oktober nanti," kata Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir kepada wartawan seusai pertemuan.

Baca juga: Utusan Presiden China Senang Bisa Bertemu Presiden Jokowi


Menurut Fachir, rencana kehadiran Wapres China ke pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini menandakan hubungan yang sangat baik antara Indonesia dan China selama lima tahun terakhir kepemimpinan Jokowi.

"Bahwa Tiongkok akan memberi perhatian yang lebih baik yang menunjukkan hubungan yang sangat penting dan strategis antara Tiongkok dengan Indonesia," ucap dia.

Demikian pula, kata Fachir, juga ditegaskan delegasi China dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi.

Menurut Fachir, Presiden Jokowi juga menyambut gembira rencana kehadiran Wapres Tiongkok itu.

"Bapak Presiden mengatakan, terhormat kalau dihadiri juga oleh Wakil Presiden Tiongkok," kata dia.

Baca juga: Rabu, Sri Bintang Dipanggil Polisi soal Seruan Gagalkan Pelantikan Presiden

Selain menyampaikan rencana kehadiran Wapres Tiongkok, delegasi China juga membahas sejumlah komitmen kerja sama dengan Presiden Jokowi.

Delegasi yang hadir dalam pertemuan itu sendiri, yakni Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden Presiden Xi Jinping, Song Tao, didampingi dua orang dari delegasi Partai Komunis China.

Sementara Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir. 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X