Presiden Jokowi: Kita Hadapi Keterbukaan dengan Waspada

Kompas.com - 16/08/2019, 11:05 WIB
Suasana Sidang Tahunan MPR yang berlangsung pada Jumat (16/8/2019).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana Sidang Tahunan MPR yang berlangsung pada Jumat (16/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia tidak takut pada era keterbukaan.

Namun ia menekankan, sikap keterbukaan tersebut harus diterapkan dengan kewaspadaan.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Indonesia tidak takut terhadap keterbukaan. Kita hadapi keterbukaan dengan kewaspadaan," ujar Presiden Jokowi.


Baca juga: Jokowi: Lambat Asal Selamat Tidak Relevan, Kita Butuh yang Cepat dan Selamat

Presiden Jokowi mengatakan, masyarakat Indonesia harus waspada terhadap hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan soal kewaspadaan terhadap ideologi yang mengancam Pancasila dan budaya yang tidak sesuai dengan kearifan bangsa.

"Kita harus waspada terhadap apapun yang mengancam kedaulatan kita," kata Jokowi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X