TKN Dukung Polisi Tindak Tegas Dalang Kerusuhan 22 Mei 2019

Kompas.com - 23/05/2019, 08:05 WIB
Sejumlah massa menyerang ke arah petugas kepolisian saat terjadi bentrokan Aksi 22 Mei di Jalan Brigjen Katamso, kawasan Slipi, Jakarta, Rabu (22/5/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj. ANTARA/M RIsyal HidayatSejumlah massa menyerang ke arah petugas kepolisian saat terjadi bentrokan Aksi 22 Mei di Jalan Brigjen Katamso, kawasan Slipi, Jakarta, Rabu (22/5/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, menyayangkan terjadinya kerusuhan yang mendompleng aksi damai pasca-penetapan hasil Pemilu 2019.

Ace mengatakan, polisi harus mengusut kasus ini dan menindak dalangnya.

"Harus ditelusuri secara tuntas aktor di belakang aksi-aksi perusuh tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Kami minta aparat keamanan tegas kepada siapapun pihak yang menjadi otak di balik penggerak pelaku-pelaku anarkis itu," ujar Ace melalui keterangan tertulis, Rabu (22/5/2019) malam.

Dia mengatakan, setiap warga negara memang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum. 


Baca juga: 5 Langkah dan Imbauan Polri Terkait Kerusuhan 22 Mei oleh Kelompok Bayaran

Akan tetapi, ada aturan yang harus dipatuhi jika ingin melakukan langkah itu. Aksi harus damai, tertib, dan aman.

Ace menyayangkan aksi yang seharusnya damai itu dinodai dengan provokasi sekelompok orang. TKN Jokowi-Ma'ruf percaya polisi bisa mengendalikan situasi dan membuat suasana kondusif kembali.

Kepada masyarakat, TKN Jokowi-Ma'ruf mengingatkan untuk tetap tenang. Masyarakat juga harus menjaga suasana di lingkungan masing-masing.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, jangan terpengaruh dengan berbagai informasi hoaks dan menjaga suasana kondusif di lingkungan masing-masing," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X