Wapres Kalla: Kita Rekonsiliasi, Bersatu Kembali

Kompas.com - 18/04/2019, 10:10 WIB
Wapres Jusuf Kalla usai mencoblos di TPS 004 RW 002 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta SelatanKompas.com/Rakhmat Nur Hakim Wapres Jusuf Kalla usai mencoblos di TPS 004 RW 002 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengajak bangsa Indonesia untuk rekonsiliasi seusai pemungutan suara Pemilu 2019 pada Rabu (17/4/2019).

"Kita rekonsiliasi bangsa ini bersatu kembali untuk bekerja untuk masa depan yang akan lebih baik lagi," kata Kalla dalam wawancara dengan KompasTV, Rabu malam.

Menurut dia, perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah terjadi di pemilu manapun.

Namun, Kalla mengingatkan, setiap orang harus dapat menerima hasil resmi Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan lapang dada.

Baca juga: Jokowi-Maruf Menang Pilpres 2019 Versi Quick Count 9 Lembaga

"Pada dasarnya setelah menerima perhitungan dari suatu proses yang terbuka, adil, dan dapat dipercaya, maka kita semua harus menerima itu sebagai suatu kenyataan, bergabung lagi, mulai bersama-sama membangun bangsa ini untuk lebih baik lagi," ujar dia.

Sementara, sambil menunggu pengumuman hasil resmi tersebut, ia berpesan kepada para elite politik agar menenangkan para kader dan pendukungnya.

Baca juga: Beda Respons Sikapi Pilpres: Prabowo Sujud Syukur, Sandiaga Diam

Kalla juga berpesan agar seluruh pihak turut mengawasi proses rekapitulasi suara yang akan dilakukan secara berjenjang dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga di tingkat nasional.

"Menenangkan kader-kadernya, pendukungnya, namun juga bekerja untuk tetap bersama-sama mengawasi proses perhitungan suara yang akan berjalan dalam waktu satu bulan ini, karena baru bulan Mei baru diumumkan secara resmi," tutur dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X