Wiranto Jamin Pemerintah Berjalan Lancar meski Jokowi Kampanye

Kompas.com - 27/03/2019, 14:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Rabu (27/3/2019).   KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan pemerintahan berjalan lancar meskipun Presiden Joko Widodo kini aktif mengikuti kampanye terbuka dalam Pemilihan Presiden 2019.

Hal itu dikatakan Wiranto saat ditemui di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

"Pemerintah lancar-lancar saja, sistem pemerintahan tidak akan alami masalah. Pak Jokowi saat kampanye juga masih bisa memberikan perintah," ujar Wiranto.

Wiranto mengatakan, Jokowi kerap memberikan perintah kepada para menteri melalui gawai.

Baca juga: KPK dan Bawaslu Ingatkan Kandidat Pemilu 2019 Transparan dan Tak Berpolitik Uang

Ia menjamin stabilitas negara akan terjaga meskipun kampanye terbuka berlangsung hingga 13 April 2019.

"Enggak akan terganggu pemerintahan saat ini walaupun presiden kampanye, kan wakil presiden (Jusuf Kalla) enggak ikut kampanye. Lalu para menteri sebagian juga melaksanakan tugas seperti biasa," kata dia.

Wiranto menyebutkan, meski beberapa menteri ada yang menjadi juru kampanye nasional pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, stabilitas pemerintahan tetap berjalan seperti biasa.

Menteri memiliki izin cuti untuk kampanye dan hari bebas pada Sabtu dan Minggu.

Baca juga: KPU Khawatir Hoaks dan Disinformasi Bisa Rusak Integritas Pemilu

Seperti diketahui, kampanye terbuka sudah dimulai sejak 24 Maret 2019.

Jokowi kini kerap mengunjungi sejumlah daerah untuk kampanye terbuka bersama sejumlah petinggi partai politik dan calon legislatif.

Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan zonasi kampanye bagi kedua pasangan calon serta partai politik dalam Pemilu 2019.

Masing-masing pasangan calon dan partai pendukung akan berpindah zona secara bergiliran setiap dua hari sekali.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X