Soal Pengendalian Harga Sawit, Wakil Ketua Komisi IV Anggap Solusi Jokowi Tak Solutif

Kompas.com - 17/12/2018, 14:53 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/7/2018). KOMPAS.com/Devina HalimWakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/7/2018).
Penulis Jessi Carina
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi mengkritik Presiden Joko Widodo yang meminta petani berhenti berharap pada komoditas sawit.

Menurut dia, bukan masyarakat yang harus diminta beradaptasi dengan kondisi pasar yang membuat harga sawit jatuh.

Namun, kata dia, Pemerintah yang harus membuat kebijakan agar harga komoditas sawit tinggi lagi.

"Itu namanya solusi yang tak solutif. Solusinya ya perbaiki harga," ujar Viva di kompleks parlemen, Senin (17/12/2018).

Viva menyinggung dana pungutan sawit sekitar Rp 11 triliun tiap tahun. Kata Viva, anggaran tersebut jangan digunakan seluruhnya untuk biodiesel.

Seharusnya sebagian besar anggaran tersebut untuk penelitian, perbaikan lingkungan, atau yang berkaitan dengan stabilisasi harga sawit.

Baca juga: Sawit Sempat Ganjal Kerja Sama Indonesia dengan 4 Negara Eropa Ini

"Evaluasi alokasi dana pungutan, jangan semua buat biodiesel tapi buat replanting, litbang, perbaikan lingkungan," kata dia.

Jokowi minta cari komoditas lain

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta para petani berhenti berharap pada komoditas kelapa sawit.

Hal itu disampaikan ketika Presiden membagikan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Perhutanan Sosial seluas 91.000 hektar kepada 8.100 petani di Provinsi Jambi pada Minggu (16/12/2018) di Taman Pinus, Kenali, Kota Jambi.

Awalnya, Presiden mengatakan bahwa konsesi lahan yang dibagikan itu mesti betul-betul dimanfaatkan dengan baik oleh para petani.

"Seluas 9.100 hektar itu gede banget dan itu baru tahapan pertama. Akan ada tahapan kedua dan ketiga agar rakyat betul-betul memiliki lahan untuk berproduksi," kata Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X