Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Perilaku Milenial Indonesia, Cerdas, Dompet Tipis, hingga Cuek dengan Politik

Kompas.com - 17/08/2018, 07:38 WIB
Retia Kartika Dewi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini topik tentang generasi milenial banyak diperbincangan oleh masyarakat. Tak hanya di media sosial, namun juga di perbincangan secara langsung.

Generasi milenial atau dikenal sebagai generasi Y adalah generasi pertama yang melihat internet sebagai sebuah penemuan yang hebat dan mengubah segalanya.

Beberapa orang yang termasuk dalam kategori generasi milenial yakni mereka yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000.

Tertarik dengan isu seputar generasi milenial, Alvara Research Center (ARC) melakukan survei sejak 2016, yang selanjutnya dibuat materi dengan menggabungkan beberapa data sekunder.

Baca juga: BPOM Imbau Kaum Milenial Tak Mudah Tergiur Kosmetik Branded Murah

Jika dipresentasikan dalam angka, ternyata menampilkan beberapa hal yang unik, seperti 1 dari 3 penduduk Indonesia adalah milenial dan 8 dari 10 generasi milenial terkoneksi dengan internet.

Ada juga survei yang mengatakan generasi milenial paling tidak ada 30,7 persen yang pergi ke mall tiap 2 minggu sekali, 40,1 persen memiliki akun Instagram, dan 22,3 persen masih membaca koran.

Selain itu, pihak ARC melakukan survei secara face to face kepada sekitar 1.200-1.800 responden di Indonesia yang berusia 17-65 tahun.

Hasilnya mereka berhasil menunjukkan adanya beberapa perilaku milenial yang timbul di Indonesia.

Perilaku tersebut antara lain kecanduan internet, mudah berpaling ke lain hati, dompet tipis, kerja cepat dan cerdas, bisa apa saja, liburan kapan saja dan dimana saja, cuek dengan politik, dan suka berbagi.

Baca juga: Tina Toon Nilai Generasi Milenial Hebat, tapi di Politik Masih Kurang

Tapi, bagaimana penjabaran tiap perilaku milenial? Yuk simak tulisan berikut.

1. Kecanduan internet

Pada perilaku ini, ARC membagi menjadi 2 kategori kecanduan internet yakni penetrasi pengguna internet di Indonesia dan pola penggunaan fitur-fitur smartphone.

Di kategori penetrasi pengguna internet di Indonesia menunjukkan grafik paling tinggi sebesar 85,4 persen ada pada generasi milenial berumur 17-25 tahun.

Kemudian untuk pola penggunaan fitur-fitur smartphone, responden berusia 46-65 tahun cenderung menggunakan fitur telepon dan SMS.

Sementara, responden berusia 17-25 tahun lebih memprioritaskan menggunakan fitur games, browsing, sosial media, dan messaging.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com