Sekjen Demokrat Akui Golkar Ajak Gabung ke Koalisi Jokowi

Kompas.com - 12/07/2018, 11:21 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat ditemui di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIASekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat ditemui di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan membenarkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengajak partainya bergabung ke koalisi pengusung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

Ajakan itu disampaikan saat Airlangga menyambangi Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, ( SBY) di kediamannya, di Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7/2018) kemarin.

"Apakah benar ada ajakan kepada Pak Jokowi? Itu betul. Tapi memang kan dari Demokrat kan sudah disampaikan dari Pak SBY kami enggak mempunyai calon presiden. Kami menyiapkan wakil presiden," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: Ketum Golkar Sebut Demokrat Berpeluang Gabung ke Koalisi Jokowi

"Tentulah ajakan itu (ada). Dan yuk kita timbang sama-sama," kata Hinca lagi.

Namun, Hinca menyatakan, Demokrat tetap membuka opsi untuk bergabung dengan koalisi pengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Demikian pula terhadap opsi ketiga untuk mengusung sosok selain Jokowi dan Prabowo, Demokrat terbuka terhadap pilihan itu.

Baca juga: Demokrat Tunggu Ada Parpol Kecewa dengan Pilihan Cawapres Jokowi dan Prabowo

Ia menambahkan, Demokrat beserta Golkar dan partai lainnya sepakat untuk bertemu guna mematangkan pilihan menjelang 4 Agustus.

"Salah satu juga materi yang akan kami diskusikan kira-kira kapan sih dideklarasikan atau diumumkan pasangannya. Semua menunggu lah," lanjut Hinca.

Airlangga sebelumnya menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7/2018) sore.

Baca juga: Pengamat: Partai Demokrat Seperti Menunggu ‘Bola Muntah’

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Airlangga datang dengan mengendarai mobil dinas Menteri Perindustrian.

Airlangga mengaku tidak ada pembicaraan soal koalisi Pilpres 2019 dalam pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Belum ada. Kita bicara mengenai situasi (politik)," ujar Airlangga seusai pertemuan.

"Komunikasi mengenai keadaan politik dan kerja sama antar partai selalu terbuka komunikasinya," tambah Airlangga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X