PT PAL Ekspor Kapal Perang ke Asia Tenggara hingga Afrika

Kompas.com - 22/01/2018, 12:26 WIB
Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Budiman Saleh ketika ditemui di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (22/1/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIRDirektur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Budiman Saleh ketika ditemui di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (22/1/2018).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorDiamanty Meiliana

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Budiman Saleh mengatakan bahwa pihaknya menargetkan bisa mengekspor kapal perang buatannya ke sejumlah negara di dunia.

Apalagi, saat ini, PT PAL telah masuk pasar Asia Tenggara yakni Thailand, Malaysia, Filipina dan beberapa negara Afrika.

Sebelumnya, PT PAL juga telah sukses melakukan ekspor perdana kapal perang ke Filipina.

"Tahun ini masih progress. Jadi ini benar-benar merupakan suatu proses yang bersifat pada taraf penetrasi," kata Budiman di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (22/1/2018).


(Baca juga: Spesifikasi Kapal Selam Buatan PT PAL Sama dengan Buatan Korsel)

 

Menurut Budiman, proses penetrasi PT PAL ke negara-negara Asia Tenggara dan Afrika tersebut baru akan bisa diketahui hasilnya di tahun yang akan datang.

"Hasil dari penetrasi itu baru bisa dilihat dari business acquisition dan sales acquisition-nya di tahun mendatangnya," kata Budiman.

Budiman mengaku optimistis dengan pasar kapal perang PT PAL saat ini. Sebab, produknya tengah diminati sejumlah negara Asia Tenggara dan Afrika.

"Sangat tinggi. Kalau kita lihat dari kualitas, harga, waktu delivery sangat menunjukkan progres yang baik di PT PAL," kata Budiman.

"Di Malaysia kita targetkan dua kapal. Thailand itu targetnya satu kapal. Kalau Senegal, Kongo, Guinea-Bissau, Burkina Faso saya agak lupa berapa kapal," tambah dia. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X