Kompas.com - 10/02/2017, 19:30 WIB
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Fraksi Partai Hanura menyayangkan sikap Direktur Utama PT Freeport Indonesia, Chappy Hakim terkait insiden yang melibatkan Chappy dengan Mukhtar Tompo, Anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Hanura, saat rapat dengar pendapat.

Ketua Fraksi Partai Hanura, Nurdin Tampubolon menuturkan, tugas anggota DPR adalah melakukan pengawalan dalam pembuatan undang-undang termasuk pelaksanaan dan pengawasan. Hanura pun akan mengadukan insiden tersebut kepada pimpinan DPR.

"Kami akan usulkan ke pimpinan DPR maupun bersama-sama dengan Komisi VII. Hal seperti ini agar diproses masalah hukumnya bagaimana," kata Nurdin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Nurdin menambahkan, sikap Chappy merupakan tindakan yang tidak menyenangkan. Ia merasa DPR sebagai lembaga yang memiliki fungsi pengawasan dan penganggaran dicederai dengan sikap-sikap seperti itu.

KOMPAS/ B JOSIE SUSILO HARDIANTO Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal (Purn) Chappy Hakim.
Hanura juga belum mendengar permintan maaf langsung Chappy kepada pihak mereka.

"Yang jelas kami belum dengar minta maaf dari Pak Chappy ke Pak Tompo langsung. Beliau belum minta maaf baik ke Fraksi Hanura atau kader kami Pak Mukhtar Tompo," tutur Nurdin.

(Baca: Rapat Kerja, Dirut Freeport Berpolemik dengan Anggota Komisi VII)

Fraksi Hanura juga akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Kami harus konsultasi dan koordinasi kepada pimpinan kami dalam hal ini Ketum kami Oesman Sapta Odang untuk meminta arahan selanjutnya. Apakah yang akan kami lakukan," ucap Anggota Komisi I DPR itu.

Sebelumnya, Mukhtar menjelaskan insidennya dengan Chappy Hakim. Saat itu, ia mengaku hendak menyalami Chappy. Namun ajakan itu justru ditolak oleh Chappy.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.