Kompas.com - 04/10/2015, 13:46 WIB
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya terbuka untuk memberi bantuan dalam pencarian pesawat Aviastar. Ia mengatakan, biasanya TNI selalu dilibatkan dalam upaya pencarian hingga evakuasi dalam kecelakaan seperti itu.

"Pencarian pesawat yang hilang ini, TNI dukung seluruh yang diperlukan. Selama ini mungkin masyarakat juga tahu bahwa Basarnas melakukan pencarian tetapi alat utamanya semua dari TNI," ujar Gatot di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (4/9/2015).

Gatot mengatakan, misalnya dalam penanganan jatuhnya pesawat AirAsia akhir tahun lalu, personel TNI dikerahkan untuk mencari dan mengangkat jenazah korban. Ia mengatakan, TNI memiliki alat yang lengkap untuk menunjang kinerja Basarnas di lapangan.

"Semua mulai yang masuk, yang menemukan, yang mengevakuasi, semua itu prajurit TNI. Kita bantu semaksimal mungkin," kata Gatot.

Sementara itu, Deputi Operasi Basarnas, Mayjen TNI Heronimus Guru mengatakan, telah dibentuk tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI, Polri, dan masyarakat sipil yang melakukan pencarian pesawat berjenis Twin Otter itu.

Sebanyak 229 orang terlibat dalam pencarian tersebut. Dari enam sektor wilayah, pencarian terfokus di sektor VI yaitu sekitar wilayah Siwa, Sulsel.

Pesawat twin otter milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 hilang kontak sekitar pukul 14.36 WITA dalam perjalanan menuju Makassar, 11 menit setelah lepas landas dari Bandara Andi Djemma, Masamba, Jumat (2/10/2015).

Waktu tempuh penerbangan normal dari Bandara A Djemma Masamba ke Makassar selama 70 menit (1 jam 10 menit). Semestinya tiba di Makassar pada pukul 15.39 WITA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.