Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Dukacita atas Musibah Mina, Jokowi Desak Perbaikan Pengelolaan Haji

Kompas.com - 24/09/2015, 22:31 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan duka cita atas musibah tewasnya lebih dari 700 orang jemaah haji akibat berdesakan saat akan melakukan lontar jumroh di Mina, Arab Saudi hari ini, Kamis (24/9/2015). Ungkapan duka cita ini ditulis Jokowi di akun Twitter miliknya.

"Duka cita mendalam atas peristiwa Mina. Harus ada perbaikan pengelolaan haji supaya peristiwa ini tidak terulang lagi  -Jkw," tulis Jokowi, Kamis (24/9/2015) malam.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan duka cita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dari berbagai negara dalam musibah di Mina. Kalla menyampaikan ini saat berada di New York, Amerika Serikat.

Kalla berpesan agar jemaah haji tidak panik dan tetap disiplin mengikuti arahan dari masing-masing pembimbing haji di kelompoknya. (Baca: Wakil Presiden Ungkapkan Dukacita Atas Musibah Mina)

"Biasanya, (musibah) terjadi karena adanya kepanikan di tengah-tengah ribuan jamaah yang bersama-sama menunaikan ibadah haji," tutur Kalla.

Hingga saat ini, ada 3 WNI yang menjadi korban tewas dalam musibah yang terjadi di Mina. Kepastian jumlah korban tersebut diperoleh langsung dari Wakil Duta Besar RI di Arab Saudi, Sunarko. (Baca: 3 WNI Tewas dalam Musibah di Mina)

"Kami baru meninggalkan RS Al Jisr Mina bersama Menteri Agama dan Dirjen Haji, untuk mengetahui kondisi dan situasi korban. Sampai pukul 16:00 waktu Arab Saudi, dapat diidentifikasi 3 WNI jemaah haji  meninggal dunia akibat musibah di Mina," ujar Sunarko, melalui Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com