Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Paket Calon Pimpinan Tak Pengaruhi Penentuan Ketua Umum Muhammadiyah

Kompas.com - 05/08/2015, 14:48 WIB
Dani Prabowo

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
 — Calon ketua umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, mengaku menerima banyak pesan singkat berisi paket-paket calon pimpinan PP Muhammadiyah periode 2015-2020. Ia tidak yakin bahwa paket berisi 13 nama calon ketua itu bakal menentukan siapa yang akan menduduki jabatan ketua umum.

"Saya tidak terlalu percaya karena banyak versinya. Tapi, kalau di Muhammadiyah, saya kira hal itu tidak akan terlalu berpengaruh dalam proses pemilihan ketua umum," kata Yunahar di Universitas Muhammadiyah Makassar, Rabu (5/8/2015).

Menurut dia, kemunculan paket-paket nama itu bisa jadi dilakukan untuk mendorong muktamirin memilih nama-nama yang tercantum di dalamnya. Meski demikian, ia tetap yakin bahwa pesan singkat itu tidak akan memengaruhi pikiran muktamirin.

"Paket-paket itu mungkin untuk mendorong masuk ke-13 nama. Tapi, kalau ketua umum tidak mungkin," ujarnya.

Sebanyak 2.568 muktamirin telah melangsungkan pemilihan terhadap 13 calon ketua umum PP Muhammadiyah. Ke-13 orang yang terpilih itu akan bermusyawarah untuk menentukan siapa yang akan mendapat amanah untuk menjadi ketua umum dan sekretaris PP Muhammadiyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com