Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepada Panglima TNI, Purnawirawan Sarankan Siapkan Rencana Darurat

Kompas.com - 03/07/2014, 17:11 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
– Sejumlah purnawirawan TNI bertemu Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di Rumah Singgah Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (3/7/2014). Rombongan purnawirawan itu dipimpin mantan Panglima ABRI, Jenderal (Purn) Try Sutrisno dan Letjen Purn Widjojo Suyono.

Moeldoko mengatakan, dalam pertemuan, para purnawirawan memberikan pesan agar TNI mampu menjaga kondusifitas, memberikan jaminan rasa aman dan ketertiban dalam Pilpres 2014.

"TNI juga diminta menyiapkan contingency plan (rencana darurat) untuk masa krisis jika diperlukan," kata Moeldoko kepada wartawan seusai pertemuan sekitar satu jam seperti dikutip Tribunnews.com.

Moeldoko menambahkan, pesan para senior TNI tersebut sesuai dengan tujuh kebijakan Presiden SBY pada rapat kabinet hari ini.

"Apa yang mereka inginkan sama seperti tujuh kebijakan Presiden SBY yang disampaikan pada rapat kabinet tadi," katanya.

Sebelumnya, Presiden memberikan tujuh instruksi untuk mengantisipasi kekacauan pemilu yang mungkin saja terjadi pada pemungutan suara 9 Juli atau pada proses rekapitulasi suara. Instruksi itu lebih ditekankan pada kesiapsiagaan dan netralitas TNI dan Polri sebagai garda terdepan menjaga keamanan di masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com