Rumahnya yang berada di Mampang Prapatan, Jakarta, sungguh biasa untuk ukuran seorang menteri. Terasnya dihiasi tanaman-tanaman bunga merambat. Kursi yang ada mengingatkan pada mebel kuno yang lazim ditemui di rumah-rumah keluarga Jawa. Ubin rumahnya ditutup lampit rotan yang banyak dijual di pasar. Bahkan, temboknya tidak berwarna cemerlang, tetapi cukup putih bersahaja.
Tak kalah sederhana adalah penampilan Pak Boed, demikian kami memanggilnya. Mengenakan sandal kulit, kaus berkerah lengan pendek, dan celana kain yang sedikit robek di bagian saku belakang, calon wapres menyambut kami. Pembicaraan pun mengalir seputar pencalonannya mendampingi SBY.
Pada akhir wawancara, tibalah sesi untuk berfoto. Beberapa wartawan, yang selama berbincang-bincang mengamati ruang tamu Boediono, tertarik mengabadikan Pak Boed bersama satu-satunya hiasan dinding yang tertempel di ruang tamu, yakni wayang kulit Kresna, tokoh yang dianggap sebagai titisan Dewa Wisnu.
Namun, ketika diminta berfoto dengan Kresna, Boediono mengatakan, "Kalau mau foto, saya pegang wayang yang lain saja," lalu bergegas masuk dan kembali dengan tokoh berbeda di
tangannya, yaitu wayang Puntadewa. Rupanya, ia lebih memilih membawa tokoh yang diceritakan sangat jujur ini dibanding Kresna yang sering dianggap penuh akal muslihat.
Siapakah Puntadewa? Ia adalah sulung para Pandawa, putra pasangan Pandu dan Kunti. Kitab Mahabharata versi asli mengisahkan Puntadewa sebenarnya anak Dewa Dharma. Pandu sendiri tidak bisa menjadi ayah karena terkena kutukan tidak bisa berhubungan dengan istrinya setelah tanpa sengaja membunuh brahmana bernama Resi Kindama. Brahmana itu terkena panah Pandu ketika ia dan istrinya sedang bercinta dalam wujud sepasang rusa.
Untunglah Kunti menguasai mantra Adityahredaya yang merupakan ilmu pemanggil dewa untuk mendapatkan putra. Dengan menggunakan mantra itu, Kunti mendatangkan Dewa Dharma dan mendapatkan anugerah putra darinya. Putra itu diberi nama Yudistira, artinya "dia yang bisa memerangi nafsu". Sebagai putra Dharma, yaitu dewa keadilan dan kebijaksanaan, ia mewarisi sifat tersebut sepanjang hidupnya.
Dalam pewayangan gagrak Jawa, nama Puntadewa yang berarti "dia yang keluhurannya seperti dewa" lebih banyak dipakai. Selain nama lain seperti Dharmaraja, yang bermakna "raja Dharma", karena ia selalu berusaha menegakkan darma sepanjang hidupnya.
Saking jujur dan sucinya, Puntadewa digambarkan sebagai sosok berdarah putih, tanpa cela. Dalam perseteruan, ia tidak pernah mengarahkan senjata kepada lawan, tetapi membidik tanah. Uniknya, bila lawannya memang bersalah, senjata itu akan mencari jalannya sendiri menuju sang lawan. Keretanya pun diceritakan mengambang alias tidak menyentuh tanah, perlambang kebersihan hatinya.
Dalam budaya pewayangan Jawa, tokoh Kresna dikenal sebagai raja Dwarawati (Dwaraka), yang merupakan awatara atau titisan Wisnu yang ke-8 dari sepuluh awatara Wisnu. Kresna adalah putra kedua Basudewa, Raja Mandura. Kakaknya, Baladewa, adalah prajurit tangguh tanpa tanding dan adiknya adalah Sembadra (Subadra), yang kelak menjadi istri Arjuna, adik Puntadewa.
Kresna merupakan salah satu penasihat utama pihak Pandawa. Berbagai peperangan atau pertandingan dimenangkan Pandawa atas cara-cara dan nasihat dari Kresna. Bahkan, dalam perang Baratayuda antara pihak Pandawa dan Kurawa, Kresna dikisahkan membujuk kakaknya Baladewa agar bertapa. Ini dilakukan agar Baladewa yang sangat sakti tidak ikut berperang. Sebab, secara hubungan kerja sama dan persekutuan, Baladewa bakal berperang untuk negara Astina yang dikuasai Kurawa.
Berbagai cerita kembangan Mahabarata dan Baratayuda yang sering dibawakan dalang Jawa menunjukkan betapa Kresna mahir memainkan strategi untuk kemenangan pihaknya.
Salah satu yang patut dicatat adalah peristiwa tewasnya Durna, guru para Pandawa dan Kurawa yang berperang di pihak Astina. Durna, yang menjadi panglima Kurawa, diketahui sangat mencintai anaknya Aswatama. Dia akan terus berperang selama anaknya baik-baik saja.
Nah, mengetahui kelemahan Durna, Kresna memerintahkan Bima untuk membunuh seekor gajah perang yang juga bernama Aswatama, serupa dengan nama putra Durna. Pasukan Pandawa mengabarkan bahwa Aswatama mati. Namun, Durna tidak langsung percaya mendengar berita itu. Dia lalu bertanya kepada Puntadewa yang dikenal sebagai orang yang tidak pernah berdusta.
Saat ditanya oleh Durna, dalam keraguannya Puntadewa menjawab, "Ya, Aswatama mati." Jawaban Puntadewa itu adalah kebenaran karena gajah bernama Aswatama memang mati. Namun, sekaligus kebohongan karena pertanyaan Durna merujuk pada putranya.