Kompas.com - 10/10/2013, 15:40 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Gerindra setuju dengan wacana penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) terkait wewenang, seleksi, dan pengawasan Mahkamah Konstitusi. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani bahkan mendorong agar DPR menguatkan Perppu itu menjadi Undang-Undang.

"Perppu itu sifatnya darurat, pada akhirnya DPR harus menimbulkan UU baru yang semangatnya sama dengan Perppu," ujar Muzani, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013).

Ia mengatakan, jika Perppu itu menjadi UU, maka harus ada kebijakan politik yang menguatkkannya. Tujuannya, kata dia, agar MK tidak kembali membatalkan pengaturan terhadap lembaga itu melalui uji UU.

"Harus ada kesepakatan, diberikan policy politik setelah Perppu ini akan bagaimana," katanya.

Menurutnya, sudah waktunya MK melakukan reformasi terhadap institusinya. Muzani mengatakan, MK juga harus membuka diri terhadap pengawasan dari pihak eksternal. Dengan demikian, lanjut dia, kepercayaan publik yang sempat merosot terhadap MK dapat meningkat kembali.

"Gerindra setuju MK membuka diri, reformasi diri supaya sahwat sangka segera hilang. Perppu harus dikuatkan dan mampu menjawab keraguan bahwa MK sedang merosot," tambah Muzani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.