Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jegal Capres Selain Ical, Rapimnas Golkar Dipercepat

Kompas.com - 09/04/2012, 16:11 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Golkar memutuskan mempercepat jadwal rapat pimpinan nasional (rapimnas) dari rencana awal digelar Oktober 2012 menjadi akhir Juli 2012. Percepatan itu agar tidak ada dualisme calon Presiden yang akan diusung Partai Golkar.

"Percepatan rapimnas akan ada agenda khusus di bulan Juli, menampung usulan DPD untuk mengusung Ical sebagai capres tunggal dari Golkar. Dipercepat supaya tidak ada dualisme dan DPD tidak terkontaminasi iming-iming kandidat lain dari Partai Golkar yang ingin menggunakan Partai Golkar (sebagai kendaraan politik)," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Nurul Arifin di Jakarta, Senin (9/4/2012).

Nurul mengatakan, pihaknya sudah tidak lagi membicarakan konvensi nasional untuk memilih capres dari Golkar sejak Pemilu 2009. Adapun konvensi tahun 2004, kata dia, digelar lantaran saat itu tidak ada tokoh di internal yang muncul.

Ketika ditanya apakah percepatan itu untuk menutup peluang Jusuf Kalla (JK) maju sebagai capres dari Golkar, Nurul menjawab, "Menurut kami Pak JK sudah memiliki kesempatan tahun 2009. Alangkah baiknya, sebagai negarawan memberikan peluang pada kader yang belum dan mempunyai kapasitas sebagai capres."

Beberapa waktu lalu, JK sudah terbuka menyatakan siap maju sebagai Capres. Tak lama setelah pernyataan JK, Ical juga secara terbuka menyatakan siap maju sebagai capres.

Ketika disinggung tingginya popularitas JK, menurut Nurul, soliditas partai tetap harus dijaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com