Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silakan Saja Buat Partai Baru, Asal...

Kompas.com - 26/04/2011, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi senior PDI-P Pramono Anung menyambut hadirnya Nasional Demokrat yang mendaftarkan diri sebagai partai politik di Kementerian Hukum dan HAM kemarin. Menurut Pramono, siapa pun boleh membentuk dan mendaftarkan diri sebagai partai politik selama memenuhi persyaratan yang berlaku.

"Untuk buat partai baru itu, kan, harus diatur konstitusi kita. Jadi kalau mau buat partai baru kapan pun, ya monggo-monggo saja," ungkapnya di Gedung DPR, Selasa (26/4/2011).

Hanya saja, Pramono mengingatkan bahwa persaingan ke depan tak akan mudah. Membentuk partai politik dan mengikuti pemilu adalah dua hal yang berbeda dengan aturan yang berbeda pula. Oleh karena itu, partai politik baru maupun lama harus memahami ketentuan-ketentuan yang berlaku ke depannya, seperti soal parliamentary threshold (PT) dan electoral threshold (ET).

"Maka bagi siapa pun yang berkeinginan, tentunya harus dipahami bahwa sekarang ini, syarat untuk PT dan ET makin lama makin ketat. Apalagi ada keinginan diberlakukan sampai ke tingkat daerah sehingga dengan demikian ini nantinya akan mengurangi syahwat elite untuk membuat partai baru," katanya.

"Kalau memang betul-betul siap bertarung di dalam pemilu, maka dengan demikian silakan saja buat partai baru. Yang penting bisa memenuhi syarat pemilu karena partai baru dan pemilu dua hal berbeda," tambah Pramono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com