Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Kutuk Kekerasan di Cikeusik

Kompas.com - 06/02/2011, 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR mengutuk keras tindak kekerasan di Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang menewaskan tiga anggota Ahmadiyah dan melukai lima orang lainnya.

"Penyerbuan terhadap anggota Ahmadiyah sangat tidak bermoral, melanggar HAM, dan mengingkari prinsip ajaran Islam yang damai," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB ) Marwan Ja'far, Minggu (6/2/2011).

Menurut dia, penyerbuan tersebut menunjukkan masih adanya perilaku jahiliah dalam toleransi beragama di Indonesia. "Ini adalah kemunduran kehidupan keberagamaan di Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, F-PKB meminta semua pihak tidak bertindak semaunya sendiri menjadi "polisi agama" yang seolah-olah paling berhak memutuskan kafir atau tidaknya dan benar atau tidaknya keyakinan seseorang.

Selain itu, F-PKB juga menyerukan kepada aparat keamanan agar segera menangkap semua pelaku penyerbuan dan memprosesnya secara hukum agar peristiwa tidak terulang di kemudian hari.

Kepada semua elemen umat beragama, F-PKB meminta agar cara-cara kekerasan dengan mengatasnamakan agama tidak digunakan.

"Dialog dan saling menghargai harus kembali menjadi jalan utama untuk menuntaskan semua perbedaan keyakinan dan kepercayaan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com