Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPI: Enam Sinetron Bermasalah

Kompas.com - 30/03/2009, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menetapkan enam sinetron yang ditayangkan pada Januari 2009 sebagai sinetron bermasalah. Pemantauan dilakukan terhadap 372 episode yang terdiri atas 14 judul sinetron.

Demikian dipaparkan anggota KPI Pusat, Yazirwan Uyun, di sela jumpa pers di Gedung Bapeten, Jakarta, Senin (30/3). "KPI tetapkan enam sinetron bermasalah," kata Yazirwan.

Dari keenam tayangan tersebut, KPI memberi peringatan "lampu merah" terhadap tiga sinetron, antara lain sinetron Suami-suami Takut Istri (Trans TV), sinetron Muslimah (Indosiar), dan Abdel dan Temon (Global TV). Sementara tiga sinetron lain yang mendapat imbauan agar memperbaiki siarannya, antara lain Alisa (RCTI), Tawa Sutra (ANTV), dan Monalisa.

"Walaupun saat ini sinetron Monalisa sudah berakhir masa tayangnya, KPI Pusat mengimbau Indosiar memperbaiki materi siarannya jika ingin menayangkannya kembali," tuturnya.

Di luar tayangan di atas, KPI Pusat juga memberikan teguran kepada Indosiar untuk memperbaiki materi siaran dan memindahkan jam tayang sinetron Hareem karena isinya dinilai penuh dengan adegan kekerasan verbal dan fisik serta berindikasi melecehkan ajaran agama berdasarkan pertimbangan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Indosiar pada Jumat lalu berinisiatif untuk menghentikan sinetron Hareem mulai Selasa (31/3)," katanya.

Semua keputusan ini diambil melalui Rapat Pleno KPI setelah mendengarkan pertimbangan-pertimbangan dari tim panelis yang beranggotakan Arief Rahman sebagai Ketua, Dedy Nur Hidayat sebagai Wakil Ketua, serta Seto Mulyadi, Nina Armando, Bobby Guntarto, dan Rezaini Taher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com