Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Pemindahan Muchdi Tak Jelas

Kompas.com - 21/06/2008, 11:02 WIB

JAKARTA, SABTU - Memasuki hari ketiga sejak mantan Deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) Muchdi Purwopranjono (Muchdi Pr) mulai diperiksa Tim Penyidik Mabes Polri (19/6), belum ada tanda-tanda tersangka baru perkara pembunuhan berencana terhadap Munir ini akan dipindahkan ke Rumah Tahanan Brimob Polisi di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Suasana di ruang depan Bareskrim Mabes Polri (Gedung tempat Muchdi berada) tampak normal. Tiga aparat kepolisian berpakaian safari coklat muda lengan panjang terlihat berada di balik pintu masuk Bareskrim. Lima petugas berpenampilan sama sebelumnya juga terlihat di belakang Gedung Bareskrim.

Sekitar 20 wartawan dari berbagai media berada di teras depan Gedung Bareskrim. Mereka menunggu kepastian dipindahkannya Muchdi Pr ke Rutan Brimob Polisi di Kelapa Dua. Beberapa di antaranya memanfaatkan teras sebagai alas tidur karena kelelahan. Sebelumnya, puluhan anggota elite Brimob Satuan Pelopor terlihat keluar dari samping Gedung Bareskrim menuju mobil polisi. Kejadian tersebut sempat memunculkan dugaan bahwa Muchdi akan segera dibawa. Rupanya asumsi tadi keliru.

Keluarnya mobil berisi aparat kepolisian dari Mabes Polri tidak diikuti kendaraan lain yang diduga membawa Muchdi Pr. Hingga pukul 10.38 WIB, suasana pascakepergian aparat tersebut tidak banyak berubah.Untuk memastikan rencana pemindahan Muchdi Pr, Kompas.com coba menghubungi kuasa hukum Muchdi Pr, antara lain M Luthfie Hakim, Akhmad Khalid, dan Zaenal Ma'arif. Telepon Zaenal untuk sementara tidak dapat dihubungi, sementara dua kuasa hukum lainnya tidak merespon panggilan tersebut. Sebelumnya, M Luthfie Hakim mengatakan bahwa kliennya akan dipindahkan ke Rutan Brimob Polri di Kelapa Dua pada hari ini, Sabtu (21/6). Namun menjelang pukul 11.00 WIB belum ada satu pun pengacara yang tergabung dalam Tim Pengacara Muchdi (TPM) yang terlihat datang ke Gedung Bareskrim Mabes Polri.

Informasi sebelumnya menyebutkan, rencananya pemindahan Muchdi Pr akan mendapat pengawalan ketat anggota elite Brimob Satuan Pelopor. Pemindahan tersebut akan melibatkan tujuh mobil, yakni empat Kijang Innova warna silver metalik kehijauan dan tiga Nisan Grand Livina warna hitam.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com