Salin Artikel

Masyarakat Diimbau Bijak Gunakan "Rest Area" Tol di Masa Liburan Natal-Tahun Baru

Kasubid Audit dan Inpeksi Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Aries Syahbudin, meminta masyarakat menggunakan rest area di jalan tol seperlunya dan berbagi dengan pengguna jalan lainnya menghindari terjadi kepadatan.

"Imbauan kami kepada masyarakat, bijaklah menggunakan rest area karena yang menggunakan bukan hanya kita," kata Aries dalam diskusi yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Senin (19/12/2022), seperti dilansir Antara.

Menurut Aries, Korlantas Polri dan Jasa Marga akan menyiapkan rest area sementara di sejumlah pintu keluar tol selama masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Aries mengatakan, langkah itu diambil buat mengatasi kekurangan rest area di jalan tol.

Dia menyebut rest area menjadi salah satu sumber kemacetan utama di tol. Maka dari itu Korlantas juga mengimbau supaya para pengguna tol tidak berhenti di rest area lebih dari 30 menit.

"Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khusus di jalan tol, tentu akan kita berlakukan proses rekayasa mulai dari contra flow sampai dengan one way atau satu arah," kata Sigit dalam keterangannya selepas mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Sigit melanjutkan, guna pengamanan masa Natal dan Tahun Baru, Polri menyiapkan 166.791 personel.

Selain itu, Polri juga akan dibantu sekitar 23.000 personel TNI. Seluruh personel keamanan tersebut akan disebar untuk mengamankan lebih dari 50.000 objek.

"Ada kurang lebih 56.636 objek yang akan kita amankan terdiri dari gereja, pusat belanja, terminal, stasiun kereta, pelabuhan, bandara, objek wisata, dan objek-objek kegiatan untuk perayaan tahun baru. Ada 2.629 posko yang kita siapkan terdiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, dan posko terpadu," ucap Sigit.

https://nasional.kompas.com/read/2022/12/20/18140081/masyarakat-diimbau-bijak-gunakan-rest-area-tol-di-masa-liburan-natal-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke