Salin Artikel

Kemenkes Imbau Calon Haji Perbanyak Istirahat Mulai H-3 Wukuf

Terutama saat wukuf di Padang Arafah pada 9 Dzulhijjah atau 8 Juli 2022.

Seperti yang dilaporkan jurnalis Kompas TV Nitia Anisa dari Mekkah Minggu (3/7/2022), Budi meminta agar para jemaah haji menghindari kelelahan berlebihan.

"Untuk jemaah, kita sarankan tetap hindari kelelahan yang berlebihan. Karena kalau sudah kelelahan yang berlebihan semua komorbid akan timbul," ujar Budi.

Kemudian, Budi mengingatkan bahwa cuaca di Arab Saudi sangat panas. Sehingga, dia meminta jemaah haji untuk banyak minum air.

"Jangan tunggu haus. Menjelang Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) tadi H-3 sebelum Arafah, perbanyak istirahat di pondok masing-masing," tuturnya.

Budi menyebut masa-masa kritis bakal terjadi saat jemaah haji memasuki kawasan Armuzna.

Maka dari itu, skrining kesehatan akan dilakukan kepada jemaah haji sebelum berangkat ke Padang Arafah.

"Kita harus bisa menyelesaikan seluruh skrining ini. Dengan harapan jemaah yang betul-betul sehat lah yang akan melakukan wukuf secara mandiri. Nantinya angka kesakitan dan kematian jemaah saat wukuf bisa terkendali," kata Budi.

Dengan dilakukannya skrining, kata Budi, bisa terlihat mana jemaah haji yang bisa mengikuti wukuf secara mandiri atau dibantu atau safari wukuf. 

Dia menjelaskan hipertensi dan penyakit terkait kardiovasklular mendominasi penyakit jemaah.

"Kalau awal sih kita memprediksi penyakit terkait dengan penyakit pernapasan, karena kita di era pandemi. Tapi itu ternyata sedikit meleset. Justru penyakit-penyakit jemaah ini didominasi penyakit terkait kardiovaskular. Mungkin karena jemaah kita masih banyak yang taat prokes, maka angka penyakit parunya itu tidak sedahsyat yang kita perkirakan," imbuhnya.

https://nasional.kompas.com/read/2022/07/03/13060941/kemenkes-imbau-calon-haji-perbanyak-istirahat-mulai-h-3-wukuf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke